Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 14 Januari 2017, 15:11 WIB

Kotak Hitam ala Mobil Isuzu

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Kotak Hitam ala Mobil Isuzu Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Pesawat memiliki sebuah kotak hitam yang merekam data penerbangan. Mobil pun ternyata punya dan datanya bisa diakses pengguna mobil lho.

Produsen Jepang, Isuzu memperkenalkan sebuah alat yang disebut GIDSS (Global Isuzu Diagnostic Service System). Alat ini sebenarnya sudah ada cukup lama, namun baru dikenalkan saja.

Dengan menggunakan alat tersebut teknisi di diler dapat menarik data-data kendaraan dengan men-download data yang tersimpan pada kendaraan Isuzu. Namun mobil Isuzu yang bisa ditarik datanya adalah kendaraan yang berbasis commonrail, seperti Isuzu mu-X, Isuzu D-Max dan juga Isuzu GIGA.

Kotak Hitam ala Mobil IsuzuTools GIDSS disimpan di meja, dengan tambahan laptop untuk mendownload data (Foto: Dadan Kuswaraharja)


"Dengan alat tersebut kita bisa mengambil data dari kendaraan, jadi ibaratnya kalau pesawat ada black box kita juga punya black box," ujar Service Department Head Astra Isuzu Anjar Kisworo di diler Isuzu, Ciputat, Tangerang Selatan, Sabtu (14/1/2017).

Kotak Hitam ala Mobil IsuzuFoto: Dadan Kuswaraharja



Dari data tersebut nantinya kita bisa melihat perilaku pengendara dalam mengemudikan kendaraan Isuzu. Mirip sebuah kotak hitam di pesawat kan?

Data yang disajikan tergolong lengkap, Anda bisa tahu berapa kali Anda men-starter kendaraan, berapa km, tingkat kepanasan mesin apakah pernah overheating apa tidak, cara pengereman apakah pernah hard breaking atau tidak, sampai konsumsi BBM.

Untuk mengenalkan alat ini, Astra Isuzu melaksanakan acara Isuzu Health Report bersama dengan komunitas Isuzu mu-X. Komunitas Isuzu mu-X yaitu Isuzu mu-X Community (IMC) dan mu-X Owner Community Indonesia (MOCI) merupakan komunitas yang mendapatkan kesempatan perdana layanan Astra Isuzu ini.

Sekitar 20 kendaraan Isuzu mu-X berpartisipasi dalam acara ini.

"Acara ini kami gelar selain untuk memperkenalkan teknologi Isuzu kepada para pengguna, namun juga sebagai bentuk nyata komitmen Astra Isuzu dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan," ujar Heri Wasesa, GM After Sales Service (ASS) Astra Isuzu (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed