Senin, 14 Nov 2016 10:53 WIB

Sebelum Mobil Baru Meluncur, Toyota Beri Pelatihan 5.000 Tenaga Penjual

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Setiap kali meluncurkan mobil baru, produsen mobil harus memberikan pelatihan sendiri buat para tenaga penjual. Hal itu juga dilakukan oleh Toyota. Untuk mobil Sienta, misalnya, Toyota harus melatih ulang 5.000 tim sales.

"Kita memang punya prosedur delivery inspection, sebelum mobil diluncurkan 5.000 sales ditraining dulu mengenai product knowledge mobil," ujar PR Manager PT Toyota-Astra Motor Rouli H Sijabat, di dalam coaching clinic Toyota Sienta, Minggu (13/11/2016) kemarin.

Sebelum Mobil Baru Meluncur, Toyota Beri Pelatihan 5.000 Tenaga PenjualFoto: M Luthfi Andika


Dia mencontohkan ada kalanya tenaga penjual lupa atau terlewat memberi informasi berguna soal mobil pada konsumennya.

"Kita ada pengalaman soal fitur child lock. Ada konsumen yang enggak ngerti, di baru nyoba mobil baru, kok mobil enggak bisa dibuka dari dalam harus dari luar. Besoknya dia marah ke salesnya. Setelah dicek lupa dijelaskan ke konsumen ini soal fitur child lock, gara-gara itu dia anggap mobil rusak, padahal child lock kan bisa dinyalakan atau dimatikan dengan menggeser tombol di pintu mobil," ujarnya.


Sebelum Mobil Baru Meluncur, Toyota Beri Pelatihan 5.000 Tenaga PenjualFoto: M Luthfi Andika

Salah satu cerita lain menurut Rouli adalah fitur informasi tangki BBM. Di Sienta misalnya, pada layar MID, di samping indikator bensin, ada icon dispenser SPBU dengan arah panah ke kiri. Hal itu menunjukkan letak mulut tangki BBM ada di bagian kiri mobil. "Sehingga konsumen tidak perlu repot lihat ke kiri atau kanan fuel tank-nya," ujarnya.

Sebelum Mobil Baru Meluncur, Toyota Beri Pelatihan 5.000 Tenaga PenjualFoto: Toyota


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com