Avanza di Afrika Selatan Dapat Fitur Keselamatan Baru, Bagaimana di Indonesia?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 18 Okt 2016 16:04 WIB
Foto: agung pambudhy
Jakarta - Toyota Afrika Selatan menyegarkan MPV Toyota Avanza dengan fitur keselamatan baru yaitu Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC) dan brake assist. Bagaimana dengan Avanza di Indonesia?

Di Indonesia, Toyota Avanza memang sudah dibekali beberapa sistem keselamatan. Beberapa fitur keselamatan yang sudah ada di Avanza adalah dual airbag (pengemudi dan penumpang depan), Anti-lock brake system (ABS), EBD, sabuk pengaman tiga titik dan ISOFIX.

Menanggapi kabar Toyota Afrika Selatan yang menghadirkan Avanza dengan fitur VSC, TRC dan brake assist, Public Relation Manager Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat mengatakan, Avanza disesuaikan dengan masing-masing negara yang memasarkannya. Berbeda negara, kebutuhan konsumennya juga berbeda.

"Beda negara tentunya beda kebutuhan konsumennya dan kondisi medan jalanannya. Spec yang dihadirkan di Indonesia disesuaikan dengan kebutuhan pasar di segmen low mpv," kata Rouli kepada detikOto melalui pesan singkat, Selasa (18/10/2016).

Namun, tidak menutup kemungkinan fitur VSC, TRC dan brake assist juga akan disematkan ke Avanza yang dijual di Indonesia. Rouli mengatakan, pihaknya mempelajari kecenderungan konsumennya.

"TAM masih mempelajari dinamika kebutuhan konsumen di segmen ini dan jika ada kebutuhan, tentunya akan menyesuaikan," kata dia. (rgr/lth)