Penjualan Avanza di Garut Sedikit Tergerus

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 11 Sep 2016 08:13 WIB
Foto: agung pambudhy
Garut -

Toyota kini memiliki jagoan baru di segmen MPV yaitu Astra Toyota Calya yang dibanderol dengan harga terjangkau, lebih murah ketimbang Avanza. Banyak yang memprediksi kalau penjualan Calya bakal lebih tinggi dibanding kakaknya, Avanza.

Di bulan Agustus 2016 lalu, penjualan Calya menyumbang angka paling tinggi untuk diler Toyota di Garut. Branch Manager Budi Jaya Mobilindo sebagai diler Toyota di Garut, Antoni Hardja mengakui, penjualan Avanza sedikit tergerus.

"Avanza-nya kegerus sedikit. Avanza biasa 25, sekarang turun sekitar 20-an lah. Tapi hanya selisih 2 atau 3 unit sama Calya," kata Anton di Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Anton percaya Avanza tetap ada penggemarnya. Anton mengatakan, pihaknya mengandalkan konsumen loyalis Avanza.

"Konsumen loyalis yang lebih suka sama Avanza dengan fitur-fiturnya. Dari segi harga memang selisih. Tapi kalau lihat dari speknya, si Calya juga mumpuni. Tapi Avanza punya customer loyal," ujar Anton.

Sampai akhir Agustus pemesanan Calya di Garut sudah mencapai 50-an unit. Namun, Budi Jaya Mobilindo mendapat jatah Calya sekitar 20 unit per bulan. Dari jumlah pemesanan itu, komposisi Calya bertransmisi manual sebesar 70 persen dan otomatis 30 persen.



(rgr/ddn)