Kamis, 08 Sep 2016 08:41 WIB

Laporan dari Jepang

Taksi Online Bantu Penjualan Avanza

M Luthfi Andika - detikOto
Tokyo - Toyota Avanza mulai digoyang oleh adiknya sendiri yakni Calya. Namun Toyota optimistis, Avanza masih akan bertahan. Desain dan fungsionalitas Avanza diyakini masih akan menjadi opsi yang menarik untuk orang Indonesia.

"Selain itu memang taksi online juga membantu, selain itu masih banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan mobil operasional seperti Toyota Avanza," ujar Kepala Divisi Pemasaran PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmy saat ditemui di Jepang.

Jimmy mengakui Toyota sudah memprediksi akan ada kanibalisasi alias akan ada persaingan Toyota Avanza dan Toyota Calya. "Kanibal (Toyota Calya memangkas penjualan Toyota Avanza) itu sudah diperhitungkan, tapi tidak seburuk dugaan kita," ujarnya.

Penjualan Toyota Calya sendiri di luar ekspektasi Toyota. Di pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) saja, pemesanan Calya melebihi Avanza.

"Di atas ekspektasi kami (setelah kedatangan Toyota Calya-Red). Toyota Avanza secara penjualan memang turun, tetapi masih lebih tinggi dibandingkan pesaing dan target kami," ujarnya.

Dengan kehadiran produk baru, Toyota optimistis akan tetap menguasai pasar mobil nasional. "Target Toyota market share kita bisa mencapai 35 persen. Saya rasa penjualan mobil di Indonesia tahun ini akan mencapai 1 juta lewat," tambahnya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com