Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 23 Agustus 2016, 09:00 WIB

Subaru dan Suzuki Saling Lepas Semua Saham

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Subaru dan Suzuki Saling Lepas Semua Saham Foto: Response
Tokyo - Dua produsen mobil Jepang, Fuji Heavy Industries (Subaru) dan Suzuki menghentikan perjanjian kepemilikan saham masing-masing. Subaru melepas sekitar 5.780.000 lembar saham Suzuki.

Sementara Suzuki melepas 13.690.000 saham Subaru yang dimilikinya. Pelepasan saham Subaru oleh Suzuki dilakukan pada 9 Agustus, sementara Fuji baru go public pada 10 Agustus.

Fuji Heavy Industries dan Suzuki pertama kali mengumumkan aliansi pada Desember 1999. Kedua perusahaan mendapatkan keuntungan dari penjualan saham yang dimiliki.

Saham Suzuki yang dimiliki Fuji mencapai sekitar 18,5 miliar yen. Jumlah saham itu mencapai sekitar 1,18 persen saja. Fuji Heavy akan mencatatkan keuntungan sekitar 9 miliar yen dalam laporan keuangan periode April-September. Sementara Suzuki menjual 1,75 persen saham Fuji Heavy senilai 52,7 miliar yen.

Kerja sama Subaru-Suzuki ini tidak hanya dalam kepemilikan saham, dalam pembangunan mobil mereka juga terikat. Di masa lalu Suzuki memproduksi mobil compact untuk Subaru, sebaliknya Fuji Heavy menyuplai transmisi CVT untuk Suzuki. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed