Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 06 Agustus 2016, 12:27 WIB

Range Rover Evoque 'Cium' Kloningannya

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Range Rover Evoque Cium Kloningannya Foto: Carnewschina
Beijing - Ada kejadian menarik di China, mobil Range Rover Evoque mengalami tabrakan dengan mobil kloningannya.

Mobil kloningan itu tak lain adalah Landwind X7. Kedua mobil berwarna merah sehingga kita bisa melihat kemiripan antara keduanya.

Dikutip dari Carnewschina, kecelakaan terjadi di Kota Chongqing. Range Rover tercatat memiliki pelat nomor Chongqing sementara lawannya dimiliki warga Guangdong.

Kecelakaan itu memang tidak serius, tidak ada korban cedera, kedua mobil hanya sedikit rusak. Polisi memutuskan pengendara Landwind X7 yang salah dan meminta dia mengganti kerusakan dengan asuransinya.

Itu memang keputusan yang cepat dari polisi Chongqing. Namun untuk kasus pelanggaran hak cipta yang dituduhkan Jaguar Land Rover pada Landwind masih belum diputuskan pengadilan China.

Dari putusan pengadilan China yang terakhir, hakim menyatakan hak paten Jaguar Land Rover dan Landwind tidak valid, menyebabkan kasus ini menjadi kian terambang-ambang. Jaguar tengah menyiapkan tuntutan lagi, tapi belum tentu mereka bisa menang.

Di China, Evoque 'kloningan' itu dijual seharga 448.000 yuan sampai 129.000 yuan. Kasarnya Anda bisa membeli 3 Landwind untuk 1 mobil Evoque, namun masih punya uang untuk berlibur.

Landwind sendiri adalah produsen China yang dimiliki oleh Jiangling Motors dan Changan Auto, yang secara kebetulan berpartner dengan Ford lewat Jiangling-Ford dan Changan-Ford.

Ford sendiri pernah memiliki Land Rover sampai akhirnya mereka menjual merek itu ke Tata Motors beberapa tahun lalu. Masih ada kaitan ternyata ya?

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +