Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 13 Juli 2016, 18:08 WIB

Linux Gaet Toyota, Mazda, Honda Kembangkan Perangkat Lunak Otomotif

M Luthfi Andika - detikOto
Linux Gaet Toyota, Mazda, Honda Kembangkan Perangkat Lunak Otomotif Foto: Linux
California - Setelah Apple dan Android, kini giliran Linux kepincut untuk mengembangkan software yang bisa dinikmati oleh pengendara mobil.

Dilansir Cnet, Rabu (13/7/2016), Linux memulai proyek open source Automotive Grade Linux (AGL), dengan Unified Code base 2.0 khusus untuk pengendara mobil. Dikatakan kode ini akan mendukung untuk AudioRouting, sistem hiburan di kabin mobil dan applikasi.

Dalam pengembangannya, General Manager for Automotive at The Linux Foundation Dan Cauchy mengatakan AGL akan bekerja sama dengan insinyur produsen otomotif. Porsinya 80 persen sistem dikembangkan oleh AGL, sisanya atau 20 persen oleh insinyur produsen otomotif.

AGL dikatakan telah menjalin kerjasama dengan Toyota, Mazda, Honda, Nissan, Ford dan Jaguar/Land Rover. Serta mendapat dukungan dari nama-nama beken seperti Harman, Denso dan Panasonic.

Terakhir, Dan Cauchy juga mengatakan versi 3.0 baru akan diperkenalkan pada Januari 2017 mendatang dan bisa menunjang sistem mobil tanpa sopir atau otonom. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed