Sabtu, 02 Jul 2016 16:45 WIB

BMW Gaet Intel dan Mobileye Demi Lahirkan Teknologi Mobil Otomatis

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: BMW/Ilustrasi Foto: BMW/Ilustrasi
Zurich - BMW mengumumkan telah menjalin kerjasama dengan Intel dan Mobileye, untuk bisa melahirkan sebuah teknologi terbaru yang akan diselipkan pada mobil otomatis mereka. BMW pun pastikan teknologi mobil otomatis terbaru ini akan diperkenalkan pada 2021 nanti.

Dilansir Reuters Sabtu (2/7/2016), kolaborasi BMW, Intel dan Mobileye, akan melahirkan sebuah 'research and development' yang berujung pada lahirnya mobil otomatis.

Selain itu diharapkan kerjasama ini akan melahirkan sebuah teknologi terbaru, yang bisa menentukan seberapa banyak mobil otomatis mereka bisa diproduksi. Bahkan bisa menentukan berapa harga banderolnya.

Kerjasama dengan perusahaan teknologi memang bukan pertama kali dilakukan. Sebelumnya, kolaborasi ini sudah dilakukan oleh Google, Tesla dan Apple yang kini sudah mengembangkan mobil otonom mereka.

"Mobil otomatis dengan semua yang dimilikinya, kedepannya bakal powerfull dan memiliki teknologi yang canggih. Bahkan bisa diandalkan untuk menghindari kecelakaan dan memberikan navigasi terbaik," ujar Intel Chief Executive Brian Krzanich.

Ketiga perusahaan ini mengatakan akan melahirkan platform baru, dengan memiliki sistem otomatis yang siap diproduksi massal pada 2021 mendatang.

Meski BMW masih malu-malu membeberkan, teknologi terbaik apa yang bakal diperkenalkan ketiga perusahaan ini. Berbagai teknologi terbaik seperti sistem cruise control canggih yang mampu beroperasi otomatis mengandalkan kamera dan komputer, sehingga bisa memungkinkan mobil untuk secara otomatis melakukan pengereman, mengarahkan dan mempercepat lalu lintas pada kecepatan rendah. Akan diberikan BMW.

Selanjutnya dikatakan BMW, Intel dan Mobileye akan mengembangkan software mobil otomatis yang akan disama 'eyes off', 'Mind off', dan 'driver off'. Sehingga mobil otomatis akan bisa benar-benar diwujudkan.

Kedua industri melihat peluang pendapatan yang besar di pasar untuk kendaraan otonom, meskipun tidak jelas berapa banyak driver akan siap untuk melepaskan kontrol dan seberapa cepat hukum akan diletakkan di tempat untuk memungkinkan kendaraan sepenuhnya otonom di jalan.

"Memajukan aspek keselamatan berkendara menjadi sesuatu yang penting," ujar Intel Chief Executive Brian Krzanich.

Hmm, wajib ditunggu kehadiran produk terbaik mereka ini ya. (lth/ddn)
bmw
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com