Jumat, 01 Jul 2016 14:45 WIB

Gesits Jadi Anggota Perdana, Ini Tanggapan IOI

Niken Purnamasari - detikOto
Jakarta - Institut Otomotif Indonesia (IOI) memiliki tujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk para pelaku industri otomotif Indonesia. Sejalan dengan visi dan misi IOI, motor listrik Gesits langsung bergabung sebagai anggota IOI.

Presiden IOI, I Made Dana Tangkas pun membenarkan masuknya Gesits, yang merupakan kolaborasi Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), sebagai anggota IOI.

"IOI itu kan nanti anggotanya ada asosiasi, perusahaan, expert. Garansindo lewat Gesits sudah ikut menjadi anggota IOI. Karena ini lembaga independen, maka lebih kepada perkumpulan ABGC (Academic, Business, Government, dan Community) yang membawahi otomotif," ujar Made.

Terkait lembaga independen ABGC tersebut, Kementerian Perindustrian yang mendukung pembentukan IOI menyampaikan siapa pun bisa menjadi anggota IOI. Tujuannya untuk menghimpun semua potensi kemandirian di industri otomotif.

"IOI sendiri kita harapkan bisa menjadi lembaga ABGC. Siapa pun bisa menjadi anggota. Kita mau menghimpun semua kemampuan kita ini supaya bisa punya kemandirian di industri otomotif. Terus terang saja kalau kita lihat sekarang ini dikendalikan oleh brand owner, APM, dan prinsipal," ujar I Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, CEO Garansindo Muhammad Al Abdullah mengatakan bahwa visi dan misi dari IOI serta Gesits memiliki kesamaan. Salah satunya yakni pada komitmen untuk mengembangkan industri di tier 2 dan tier 3.

"Kami berkomitmen untuk membesarkan tier 2 dan tier 3, karena komponennya Gesits yang diproduksi dalam negeri kebanyakan menggandeng UKM. IOI satu-satunya yang sekarang kita tempel. Komitmennya IOI memperbesar tier 2 dan tier 3. Kita masuk Gesits, komponennya Gesits yang diproduksi dalam negeri kebanyakan yang menggandeng UKM-UKM. Sedangkan motor listrik kan belom ada, jadi jalan bareng dong," ujar Memet, sapaan akrab Muhammad Al Abdullah. (nkn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com