Jumat, 01 Jul 2016 13:54 WIB

IOI Pertegas Tak Ada Masalah dengan Gaikindo

Niken Purnamasari - detikOto
Jakarta - Pembentukan Institut Otomotif Indonesia (IOI) dikabarkan berbenturan dengan peran Gaikindo. Namun, Presiden IOI, I Made Dana Tangkas menegaskan tidak ada benturan apapun antara IOI dengan Gaikindo.

"Dalam rapat pleno Gaikindo, saya hadir sebagai pengurus juga salah satunya menjelaskan bagaimana IOI. Saya sampaikan kepada pengurus Gaikindo," ungkap Made, Jumat (1/7/2016).

Pembahasan yang dijelaskan oleh Made kepada Ketua Gaikindo, Yohannes Nangoi serta Sekretaris Gaikindo, Kukuh Kumara yakni terkait fungsi dan tujuan berdirinya IOI di Indonesia.

Hadirnya IOI diharapkan dapat memberdayakan sumber daya manusia di industri otomotif yang mampu bersaing dengan negara-negara lain, khususnya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Saya sudah jelaskan kepada Pak Nangoi dan Pak Kukuh bahwa apa IOI itu kegiatannya dan di Malaysia serta Thailand sudah ada insititunya. Semua sudah clear, ga ada masalah dengan Gaikindo. Kita prioritas utama itu SDM dan pengembangan tier 2 serta tier 3. Kita masih kalah dengan Thailand," tegas Made.

Fungsi IOI sebagai lembaga independen nantinya akan melakukan pemberdayaan serta sertifikasi dari para pelaku industri otomotif di Indonesia. Diharapkan para pelaku dapat mandiri dan membangun industri otomotif Indonesia untuk bersaing dengan negara lain. (nkn/rgr)
ioi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com