Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 28 Juni 2016, 15:31 WIB

Pajak Sedan Diwacanakan Turun, Ini Tanggapan Mercedes-Benz

M Luthfi Andika - detikOto
Pajak Sedan Diwacanakan Turun, Ini Tanggapan Mercedes-Benz Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masih terus menggodok dan meminta pemerintah untuk menurunkan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) sedan dari 30 persen menjadi 10 persen. Setidaknya PPnBM sedan setara dengan jenis kendaraan serupa lainnya.

Lalu bagaimana tanggapan Mercedes-Benz Indonesia? Tidak jauh berbeda dibandingkan pabrikan lainnya, Mercedes-benz melihat langkah ini akan menjadi langkah yang tepat untuk bisa merangsang pasar sedan di Indonesia.

"Itu memang jadi topik bersama, karena dari Gaikindo kan sedang mengajukan input ke pemerintah. Semoga bisa agar sedan lebih bergairah," kata Deputy Director Sales Operation Mercedes Benz Passenger Car and Network Development Mercedes-Benz Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto.

Terlebih, lanjut Kariyanto, pasar sedan di Indonesia terbilang mengalami pertumbuhan yang sangat lambat. "Karena sekarang ini sedan pertumbuhannya yah, masih tergolong lambat. Ya memang ini (pengaturan pajak) harus dirangsang supaya lebih berkembang," katanya.

"Kami ikut Gaikindo saja. Tidak dengan suara kami sendiri saja (diperlukan juga suara dari seluruh pabrikan-Red), yang pasti biar bisa merangsang market secara keseluruhan," tambahnya.

Gaikindo berharap dan terus mengajukan kepada pemerinttah agar PPnBM sedan bisa setara dengan PPnBM minibus yakni sebesar 10 persen. Apalagi, segmen hatchback yang sejatinya dikembangkan dari basis sedan memiliki PPnBM 10 persen dan dianggap minibus.

Beberapa waktu lalu, Ketua I Gaikindo, Jongkie D Sugiarto mengatakan, PPnBM sedan yang terbilang tinggi menjadi salah satu alasan mengapa industri otomotif Indonesia masih kalah dengan Thailand. Sebab, Thailand sudah menjadi basis produksi sedan, SUV, hingga pikap kabin ganda yang diserap di pasar global. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +