Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 21 Juni 2016, 12:54 WIB

Mantan Bos VW Diinvestigasi Pihak Berwenang Jerman

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mantan Bos VW Diinvestigasi Pihak Berwenang Jerman Foto: Reuters
Berlin - Mantan CEO Volkswagen, PMartin Winterkom sedang dalam penyelidikan oleh pihak berwenang Jerman. Martin Winterkom diduga telat melaporkan kecurangan yang dilakukan VW alias dieselgate.

Penyelidikan datang atas permintaan BaFin, Regulator keuangan Jerman. Seperti dilansir Automotive News, Selasa (21/6/2016), dokumen internal menyebutkan Winterkorn sebenarnya sudah mengetahui soal dieselgate, setahun sebelum kasus ini merebak ke publik. Penyelidikan juga akan melibatkan mantan eksekutif Volkswagen lainnya tetapi untuk nama belum terungkap.

Perwakilan Volkswagen menolak untuk berkomentar, namun jika tuduhan itu terbukti, Winterkom dan eksekutif VW yang belum diketahui namanya akan mendapat hukuman hingga lima tahun penjara. Mereka bisa saja menghindari hukuman penjara dengan membayar denda yang besar.

Mereka dituduh memanipulasi pasar karena kasus dieselgate VW ini memengaruhi harga saham perusahaan. Volkswagen (VW) akhir 2015 lalu terbukti menggunakan perangkat lunak (software) yang mengelabui tingkat emisi mesin diesel. Skandal emisi VW yang disebut sebagai 'dieselgate' pun menyebar ke beberapa mobil bermesin diesel di bawah naungan VW Group, termasuk VW, Audi, Porsche, Skoda dan Seat.



(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed