Bikin Robot dan Kecerdasan Buatan, Toyota Gelontorkan Rp 13 Triliun

Niken Purnamasari - detikOto
Kamis, 19 Nov 2015 09:44 WIB
California - Sebagai langkah untuk mempersiapkan mobil otonom, Toyota bakal membangun pusat penelitian. Tak tanggung-tanggung, nilai investasi untuk penelitian tersebut sebesar Rp 13,7 triliun. Penelitian itu bakal dibangun di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Sejumlah teknologi akan dikembangkan di pusat penelitian Toyota tersebut. Selain teknologi, robot dan kecerdasan buatan atau artificial intellegence akan dikembangkan oleh para ahli untuk merancang dan mengembangkan mobil di masa depan serta kebutuhan sehari-hari.

Seperti dilansir NBC News, pusat penelitian Toyota bakal mulai beroperasi pada Januari 2016. Terdapat dua area fasilitas yang terletak masing-masing di dekat Stanford University dan Massachusetts Institute of Technology.

Dalam proses produksi, pabrik Toyota juga telah menggunakan robot untuk beberapa proses pengerjaan. Beberapa fungsi robot diantaranya dapat melakukan pengecetan pada bodi mobil maupun memasang komponen.

Dengan pengembangan teknologi robot diharapkan dapat membantu para orang lanjut usia di rumah mereka dengan robot. Selain itu, dengan menggunakan kecerdasarn buatan dapat membantu pengemudi dari kecelakaan tanpa memperhatikan kemampuan yang dimiiliki oleh pengemudi.

Mobil otonom buatan Toyota ditargetkan bakal beredar di jalanan sekitar pada 2020 mendatang. Tahun tersebut bertepatan dengan perhelatan pesta olahraga Olimpiade yang akan berlangsung di Jepang.

(rgr/ddn)