Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 20 Agustus 2015, 18:02 WIB

Nissan GT Academy

Saat Merah Putih Berkibar di Brafield Inggris

Ray Jordan - detikOto
Saat Merah Putih Berkibar di Brafield Inggris
Northampton - Tim Indonesia ikut dalam ajang GT Academy 2015 di Sirkuit Silverstone, Inggris. Tim pun melewati berbagai kompetisi, salah satunya balap Stock Car. Tim Indonesia berhasil memenangi tantangan ini.

Balap stock car ini dilakukan di Sirkuit Stock Car di Brafield, Northampton, Inggris. Sebelum mulai, tim dari Indonesia, Jepang, India, Filipina dan Thailand diberi arahan dan aturan soal balap Stock Car. Tak lama, balap pun dimulai.

Race dimulai dengan latihan beberapa lap. Di sana, juga menentukan posisi untuk start. Indonesia mendapatkan mobil warna hijau dengan nomor mobil 6.

Saat pemanasan, suasan tegang sudah terasa. Indonesia yang saat itu berada di posisi dua, berusaha disalip oleh Thailand. Bahkan beberapa kali mobil keduanya sempat bersenggolan.

Di sisa lap terakhir, posisi Indonesia berada di nomor 1, namun ternyata Thailand masih ngotot di belakang dan berhasil menyalip Indonesia beberapa meter jelang finish.

Wajah mentor Tim Indonesia, Sean Gelael dan Hamish Daud terlihat tegang. Sebelum race dimulai, Sean berlari masuk ke sirkuit untuk memberikan masukan dan semangat kepada tim.

Race pun dimulai. Indonesia mendapatkan posisi start di nomor 2. Pengemudi Indonesia di awal race bernama Raira Bhaskara. Saat dimulai, semuanya langsung tancap gas. Tim India berusaha menyusul Indonesia di awal tikungan, namun berhasil ditutup oleh Raira. Race terus berlangsung dengan upaya saling susul menyusul. Di dua lap terakhir, India menabrak tembok.

"Go, go, go.." teriak Sean lewat handy talkie. Akhirnya Indonesia finish di urutan kedua setelah Filipina.

Balap pun dilanjutkan oleh Andika Rama.

Rama memulai start dengan baik di posisi dua. Dari awal Rama sudah mulai untuk menyalip Filipina di posisi satu, akhirnya berhasil setelah beberapa lap kemudian. Rama kini berada di posisi satu.

Filipina kemudian mengalami tabrakan disusul oleh India. Thailand pun kemudian mengalami kendala mesin.

Mobil tersisa Indonesia dan Jepang. Di sisa-sisa lap, Indonesia bahkan berhasil meng-over lap Jepang. Indonesia berhasil finish di posisi satu. Sungguh usaha yang baik dilakukan oleh Rama.

"Kita tadi khawatir sama Filipina, tapi strateginya kita letakkan Raira di race yang pertama. Karena Filipina pakai yang kencang pertama, maka kita akali dengan Raira di awal yang lebih tenang. Barulah di race kedua kita pakai Rama. Dan Rama berhasil menyelesaikannya dengan baik di posisi pertama," ujar Sean.

"Saya dapat start bagus, cuma sayang dapat di sebelah kiri, tapi saya coba konsisten, coba lebih halus, dan tidak membuat sama sekali kesalahan. Saya berusaha untuk membuat kondisi sebaik mungkin untuk rekan saya," jelas Raira.

Suasana sukacita tergambar dari tim Indonesia. Rama bahkan beberapa kali teriak kegirangan.

"Di awal saya coba smooth aja, jaga konsisten, kurangi kesalahan. Jadi untuk kali ini saya lebih mencoa smooth, calm down, ternyata pas aku santai ternyata ltu lebih kencang, dan akhirnya menang," ucap Rama bangga.

(rjo/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed