Kamis, 23 Jul 2015 08:25 WIB

Jeep Cherokee Rentan Diretas oleh Hacker

Aditya Maulana - detikOto
St Louis - Kendaraan yang sudah memiliki sistem hiburan Uconnect ternyata ada dampak negatifnya, mobil lebih mudah diretas oleh hacker. Buktinya sudah terjadi pada Jeep Cherokee yang berhasil diretas oleh hacker.

Seperti dilaporkan laman Worldcarfans dari Wired, Kamis (23/7/2015) para hacker bisa meretas melalui sistem Uconnect sehingga mobil bisa dikendalikan sendiri oleh para hacker. Greenberg Andy dari Wired bersama dengan 2 hacker pun membuktikannya.

Adalah Charlie Miller dan Chris Valasek yang mencoba meretas mobil Jeep Cherokee. Buktinya, kedua hacker ini bisa mengontrol mobil Jeep Cherokee yang sedang berjalan dengan menggunakan sistem komunikasi nirkabel yang ada pada mobil itu.

Duo hacker itu meretas software yang ada pada Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut dan memanipulasi sejumlah hal, seperti AC, pemutas musik dan juga mengontrol kecepatan mobil dengan mematikan sistem transmisinya.

Walhasil, mobil Jeep Cherokee yang dikemudikan oleh Andy menabrak parit di jalan St Louis. Menurut Andy hal yang paling buruk adalah ketika 2 rekan hacker-nya mematikan sistem rem, sehingga mobil yang ia kemudikan menabrak parit.

Untuk mencegah hal burk ini terjadi pada konsumennya, maka Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan berhunungan dengan si peretas selama beberapa bulan ke belakang. Hal ini dilakukan untuk menambal lubang keamanan yang ada pada sistem hiburannya tersebut.

(ady/ady)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com