Senin, 06 Jul 2015 09:25 WIB

BMW Kembangkan Sistem Injeksi Air untuk Seri 1

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Munich - BMW terus melakukan inovasi di bidang teknologi untuk mobil-mobilnya. Pabrikan mobil premium dari Jerman itu tengah mengembangkan teknologi water injection (injeksi air) untuk meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Dalam siaran resminya, prototipe Seri 1 terbaru akan dilengkapi sistem itu. Dikatakan, sistem injeksi air ini juga bisa membantuk menciptakan suhu pembakaran yang lebih rendah sehingga memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 8 persen.

Fokus utama BMW dengan mengembangkan sistem injeksi air ini adalah untuk mengurangi suhu pembakaran. Suhu pembakaran yang lebih rendah, memungkinkan BMW untuk memiliki rasio kompresi 11:1.

Kompresi yang tinggi itu memberikan kontribusi pada efisiensi bahan bakar semakin meningkat dan risiko ngelitik juga berkurang. Dengan kompresi tinggi, efisiensi bahan bakar lebih baik pada throttle rendah dan menengah.

Sistem yang dikembangkan BMW ini akan menarik air dari tangki kecil dan menyemprotkan kabut halus ke dalam intake manifold plenum. Hal itu akan mengurangi suhu pembakaran sekitar 25 derajat celcius.

Selain keuntungan efisiensi bahan bakar, temperatur yang rendah yang dihasilkan sistem injeksi air ini akan mengurangi gesekan pada mesin sehingga bisa membuat komponen berumur panjang.

Selain itu, sistem pendingin air pada Seri 1 ini akan memiliki tenaga dan torsi 10 persen lebih besar daripada yang ada pada model standar.

Sebenarnya, teknologi injeksi air pada BMW Seri 1 ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya, BMW juga telah menggunakan sistem ini pada model M4 yang menjadi safety car di MotoGP.

M4 yang digunakan di ajang MotoGP itu menarik air dari tangki yang diisi secara manual. Namun, prototipe BMW Seri 1 ini dilengkapi dengan sistem pemulihan air yang terus-menerus mengisi sendiri dengan air yang terkondensasi dari sistem pendingin udara.

Sama halnya seperti pada M4, sistem pada BMW Seri akan menguras semua air ke tangki freeze proof ketika mobil dimatikan. Hal itu akan memastikan bahwa sistem ini tidak membeku atau menyebabkan korosi.

Video water injection BMW



(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com