Kamis, 21 Mei 2015 09:51 WIB

Datsun Risers Expedition

Cerita Petualang Datsun Taklukkan Jalan Jakarta Hingga Cirebon

Aditya Maulana - detikOto
Cirebon -

Datsun Indonesia tengah menggelar Datsun Risers Expedition (DRE). Dalam program ini, Datsun mengajak para risers (sebutan untuk pengguna mobil Datsun) untuk bisa melakukan petualangan keliling Indonesia menggunakan mobil Datsun GO+ Panca.

Risers disini tidak hanya pengguna atau yang memiliki mobil Datsun, dalam program ini siapa saja boleh ikut dengan syarat mendaftarkan diri di internet. Syaratnya mudah, Anda hanya diwajibkan berumur minimal 17 tahun, bisa menyetir, memiliki SIM A dan aktif di media sosial.

Dalam etape pertama dari Jakarta (Alam Sutera, Tangerang) hingga ke Cirebon, Jawa Barat ada 12 risers dari berbagai kota yang ikut. Mereka terpilih untuk menuntaskan misi 'membelah' jalanan Jakarta hingga ke Cirebon, Jawa Barat.

Perjalanan Keliling Indonesia Pakai Mobil Datsun Dimulai

Pertama, 12 risers beserta rombongan yang jumlahnya 14 mobil berjalan dari diler MPM Nissan-Datsun yang berada di Alam Sutra, Tangerang pada hari Senin (18/5/2015) melewati jalan tol TB Simatupang, Jagorawi, dan keluar di pintu tol Ciawi.

Saat pintu keluar tol Ciawi, terlihat mobil berjejer dengan rapi. Ternyata dari pintu tol Ciawi hingga ke Gadog macet parah. Disitu para risers mulai merasa stres karena jalanan yang macet.

Setelah itu, jalanan mulai lancar dan berhenti di Istana Kepresidenan Cipanas untuk melakukan kegiatan mengenal sejarah.

Tiba di Cipanas, Risers Berwisata di Istana Kepresidenan

Jalanan macet belum usai, para risers di etape pertama ini harus bertemu dengan macet lagi ketika hendak sampai di Padalarang hingga menuju ke pintu tol Bandung. Tapi selama di jalan Puncak, para risers bisa mengeksplor mobil Datsun GO+ Panca yang mereka kendarai.

"Mobilnya asik, untuk jalan yang menanjak seperti di Puncak dan berkelok-kelok, mobil ini cukup mumpuni," ungkap salah satu risers dengan bersemangat.



Setelah tiba di Bandung, Jawa Barat, esok harinya para risers melanjutkan perjalannya ke Indramayu. Tapi sebelum tiba di Bumi Indramayu, para risers harus melewati beberapa medan jalan yang cukup ekstrim dan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) membagikan buku kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bina Kreasi Muda yang berada di Dusun Cijambu, Desa Kadakajaya, Kecematan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.



Kegiatan CSR yang dilakukan oleh Datsun ini sangat mulia. Datsun peduli dengan sesama terutama mereka yang kurang mampu untuk bisa mencicipi manisnya bangku sekolah.

Dengan adanya bantuan buku dari Datsun yang bekerjasama dengan Yayasan 1001 Buku, masyarakat di daerah Cijambu, Sumedang ini mendapatkan secercah harapan agar bisa menjadi orang yang pandai membaca.

Minat baca masyarakat Cijambu, Sumedang itu masih sangat tinggi. Mereka belum terlalu mengenal internet dan mereka tidak ingin putus sekolah. Begitu mendapatkan sumbangan buku, mereka langsung membacanya dengan penuh semangat.

Setelah itu, para rises langsung bertolak ke Indramayu. Tapi mereka mampir terlebih dulu di Padepokan Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu, Indramayu. Disana para risers bisa mengenal adat-istiadat suku Dayak Indramayu yang sebelumnya mereka belum mengetahui sejarahnya.


"Tidak semua budaya di Indonesia itu sudah terekspos oleh media, ini membuktikan bahwa Indonesia itu masih banyak budaya yang belum diketahui oleh generasi penerusnya," ujar salah satu riser Wandri.

Esok harinya, para risers kembali melanjutkan perjalanannya hingga ke Cirebon. Banyak kegiatan juga yang dilakukan para risers sebelum menuntaskan misinya menaklukkan jalur Jakarta-Cirebon. Para risers mampir ke tempat pembuatan telur asin Pangon Tigan Sae, Brebes.


Selama di perjalanan juga mereka mengunjungi beberapa diler Nissan-Datsun seperti di Bandung, Indramayu dan Cirebon. Mereka melihat fasilitas diler-diler Datsun yang ada di daerah yang mereka lewati.

Sementara untuk mobil Datsun GO+ Panca-nya itu sendiri, para risers mengaku cukup bagus apalagi untuk membawa keluarga berpergian ke suatu daerah karena GO+ Panca ini memiliki kapasitas penumpang yang jauh lebih besar ketimbang mobil Low Cost Green Car (LCGC) dari merek lain.

"Mobilnya tangguh, apalagi ketika melewati jalan yang ekstrim seperti di Cadas Pangeran. Akselerasinya oke dan handlingnya juga oke. Apalagi mengenai efisiensi Bahan Bakar Minyak (BBM)-nya yang sangat irit," tutur para risers.

Selama perjalanan dari Alam Sutra, Tangerang hingga ke Cirebon, GO+ Panca hanya diisi 2 kali saja. Padahal rute yang dilalui oleh mobil tersebut cukup panjang yakni rata-rata sejauh 625 km dan saat tiba di Cirebon, BBM yang tersisa masih ada setengah tangki dari kondisi full.



Setelah etape pertama ini berhasil ditaklukkan, giliran risers berikutnya yang akan melibas etape kedua dengan rute Cirebon hingga ke Semarang, Jawa Tengah.

Mau tahu bagaimana perjalanan mereka di etape kedua yang akan dimulai pada 25 Mei 2015 mendatang? Pantau terus detikOto ya Otolovers!


Video etape pertama Datsun Risers Expedition



(Aditya Maulana/Dadan Kuswaraharja)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya