Datsun Mulai Tes Transmisi Otomatis, Bisa Pakai Punya Renault

- detikOto
Senin, 11 Mei 2015 14:42 WIB
Jakarta - Dari seluruh line up mobil LCGC, yang sudah memiliki varian transmisi otomatis adalah Astra Toyota Agya, Astra Daihatsu Ayla dan Suzuki Wagon R. Sementara mobil Datsun dan Honda Brio Satya belum memilikinya.

Ditanya soal hal ini, Kepala Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja pihaknya tengah melakukan pengetesan Datsun bertransmisi otomatis.

“Tetapi belum bisa saya bocorin, karena masih berupaya memberi harga yang terbaik. Terus bagaimana soal konsumsi BBM-nya, bagaimana caranya agar matik itu bisa memenuhi regulasi,” ujarnya.

Dalam petunjuk teknis mobil Low Cost and Green Car yang diterbitkan Kementerian Perindustrian disebutkan, konsumsi BBM mobil LCGC harus berada di kisaran paling sedikit 20 km per liter untuk mobil bermesin bensin.

Ketika ditanya kesiapan Datsun merilis transmisi otomatis, Indri menjawab pihaknya akan mengusahakan tahun ini mobil bisa segera dirilis. “Memang kebutuhan itu ada, apalagi di perkotaan seperti Jakarta, tes jalan sudah, kami masih mencari transmisi,” ujarnya.

Untuk teknologi transmisi, Datsun akan mengupayakan kerja sama dengan mitra Nissan seperti Renault.

“Kita kan satu pabrik, bisa pakai transmisi dari Renault, kita coba-coba daripada kita develop transmisi baru lebih mahal cost-nya,” ujar Indri.



(ddn/ddn)