ADVERTISEMENT
Jumat, 27 Feb 2015 18:02 WIB

Mobil Mungil Yamaha Siap Dipasarkan 2019

- detikOto
Tokyo -

Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Yamaha Motor berencana memproduksi mobil berukuran kecil dan akan memasarkannya ke Eropa mulai 2019 mendatang. Pabrikan motor terbesar kedua di dunia itu akan menggelontorkan investasi senilai puluhan miliar yen untuk mewujudkan rencana tersebut.

Seperti dikutip Nikkei, Jumat (27/2/2015) President Yamaha Motor Hiroyuki Yanagi mengatakan, mobil yang akan dibuat itu berkapasitas dua tempat duduk. Mobil tersebut merupakan mobil perkotaan yang dipergunakan untuk transportasi jarak pendek.



Sementara, saat ini permintaan kendaraan berukuran kompak yang irit bahan bakar sewmakin bertumbuh di berbagai belahan dunia. Dengan melihat kondisi itu, lanjut Yanagi, Yamaha bermaksud untuk memanfaatkan keahlian mereka dalam membuat sepeda motor untuk mengembangkan mobil subkompak.

"Pasar mobil yang tumbuh lebih beragam, kami melihatnya sebagai peluang bisnis," ujarnya.

Yanagi menyebut, perusahaannya memilih Eropa sebagai pasar untuk produknya, karena perencanaan kota di benua itu sangat sesuai dengan produk yang akan dibuatnya itu. 

Mobil tersebut akan dibuat dalam varian bermesin konvensional dan bersumber tenaga dari listrik.

Yamaha akan membangun mesin berkapasitas 1.000 cc untuk mobil tersebut. Begitu juga dengan baterai untuk motor listrik dari varian bertenaga listrik. Pembuatan mesin mobil bukanlah barang barang bagi Yamaha. Melalui kemitraan dengan Toyota Motor Corporation yang dirajut sejak 1964, Yamaha telah membuat 3 juta unit mesin untuk mitranya itu.

Bahkan, mesin buatan Yamaha digunakan oleh model mewah milik Toyota, antara lain Lexus. Tak hanya itu. Toyota tercatat juga menggenggam 3,6 persen saham Yamaha.

Perusahaan riset pasar otomotif, HIS Automotive memperkirakan produksi mobil di pasar global pada 2021 nanti bakal menyentuh angka 21 juta unit. Melonjaknya produksi karena dipicu menguatnya permintaan di negara-negara berkembang.

Moncernya penjualan itu diperkirakan karena ditopang oleh mobil berukuran kecil. Porsi mobil jenis ini diperkirakan mencapai 40 persen lebih.

Di Tokyo Motor Show 2013 lalu, Yamaha merilis mobil konsepnya yang menggunakan tenaga listrik yang dinamakan MOTIV.E. Simak spesifikasi lengkapnya di sini.

(arf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com