Rabu, 25 Feb 2015 12:54 WIB

Canggih, Mekanik Ini Bisa Perbaiki Land Rover Tua Pakai Kentang

- detikOto
dok Mirror dok Mirror
London -

Sebuah cara unik dilakukan oleh Mario Papademetriou, untuk memperbaiki Land Rover kliennya yang sudah tua, yaitu dengan memanfaatkan kentang. Land Rover berusia 50-an tahun itu mengalami kerusakan pada kondensornya.

Kondensor itu sebelumnya telah diperbaiki dengan menggunakan kertas timah dan pita silikon. Namun tidak berhasil.

Alhasil, mekanik asal Chingford, Essex, Inggris itu akhirnya mencoba memperbaiki mobil itu dengan menggunakan kentang. Hmm... sebuah cara yang unik.

"Ada banyak sayuran di sekitar saya, jadi saya pikir saya akan menyambung kentang dengan kondensor memakai sekrup. Mobil pun langsung menyala," kata Mario seperti dikutip detikOto dari Mirror, Rabu (25/2/2015).

Namun, setelah Mario menanamkan kentang untuk memperbaikinya, pemilik itu pun sukses mengendarai mobil ini sejauh 12 mil atau sekitar 19 km tanpa masalah dalam sistem pengapiannya. "Saya mengikuti pemilik mobil ke garasi dan dia bilang belum pernah mobil seenak ini," ujarnya.

Karena karyanya yang inovatif ini, Mario akhirnya dianugerahi penghargaan dari asosiasi otomotif Inggris, Automobile Association (AA). Namun, untuk mendapatkan penghargaan tersebut, Mario masih harus melalui tahap pembuktian.

Untuk membuktikan cara Mario bukanlah kebetulan, Departemen Teknis AA mereplikasi perbaikan menggunakan kentang itu pada Land Rover Series I yang disediakan AA. Uji coba untuk kedua kalinya itu pun berhasil dilalui Mario.

"Meski sayuran kebanyakan tersisa di piring makan, penggunaan kentang yang dilakukan Mario ini menjadi inspirasi dari yang lain. Contoh yang sangat baik untuk berpikir di luar nalar," ujar Boss AA, Donald MacSporran.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com