Jerman Uji Mobil Tanpa Sopir di Jalan Cepat Autobahn

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 02 Feb 2015 15:18 WIB
Berlin - Pemerintah Jerman juga mendukung penuh dengan pengembangan teknologi mobil otonom tanpa sopir. Bahkan, Kementerian Transportasi Jerman telah mengumumkan bahwa jalanan penghubung Berlin dan Munich akan menjadi trek pengujian kendaraan otonom.

Seperti dikutip dari Frankfurter Allgemeine Zeitung dan Gizmag, Senin (2/2/2015), proyek pengujian ini diperkirakan akan dimulai akhir tahun ini. Menteri Transportasi Jerman Alexander Dobrind mengatakan, proyek ini akan membuat industri mobil Jerman sebagai pemain pertama dalam teknologi mobil otonom ini.

"Pabrikan Jerman tidak akan bergantung pada Google. Kami harus waspada pada monopoli data. Kami harus menciptakan untuk kedaulatan digital kami sendiri terlepas dari Amerika dan Asia," kata Dobrindt.

Pencetusan ide itu pun bukanlah hal baru. Sebelumnya, pada Oktober tahun lalu pihak Volkswagen telah menyatakan hal yang sama untuk tidak bergantung pada sistem data.

"Kami mencari koneksi ke sistem data Google tapi kami masih ingin menjadi master dari mobil kami sendiri. Konflik berpotensi muncul pada penyediaan data," ujar CEO Volkswagen Martin Winterkorn.

Sementara itu, proyek serupa juga sedang dilakukan di Amerika Serikat, Eropa, Tiongkok dan Jepang. Namun, pengujian di Jerman ini adalah pertama kalinya yang menggunakan jalan raya umum.

Jalan raya Autobahn sebagai penghubung Berlin dan Munich yang dipilih dalam pengujian ini merupakan jalanan yang cukup sibuk. Hal itu menggambarkan betapa seriusnya pemerintahan Jerman untuk menguji teknologi terbaru ini.

(rgr/ddn)