Jumat, 16 Jan 2015 16:49 WIB

Bus TransJakarta Sering Terbakar Bukan Semata-mata karena BBG

- detikOto
Jakarta - Beberapa moda transportasi umum seperti bus TransJakarta dan angkot di Jakarta sudah menggunakan bahan bakar gas. Sayang beberapa armada bus selama ini sering terbakar.

Yang terbaru adalah bus yang terbakar di dekat pintu 1 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Apakah itu artinya BBG tidak aman?

Namun, terbakarnya bus itu diyakini bukan disebabkan oleh penggunaan BBG. Diperkirakan, kasus itu disebabkan oleh masalah kelistrikan bus tersebut.

"Kebakar itu kalau tidak salah karena komponen AC yang terbakar. Tapi itu apakah karena pemanfaatan gas kita belum tau," kata Vice President Corporate Communication PT Perusahaan Gas Negara (PGN), Ridha Ababil.

Menurut Ridha, kasus tersebut diyakini karena perawatan yang kurang diperhatikan. Sebab, Staf Ahli Gaikindo Budi Prasetyo Susilo sebelumnya juga menyebut, perawatan kendaraan yang menggunakan BBG memegang peranan penting terhadap keamanannya.

"Hal-hal lain seperti Pak Budi bilang, itu memang dari maintenance-nya. Itu yang kadang-kadang orang kita itu kurang memperhatikan pemeliharaan dan pemakaian kendaraan gas," sebut Ridha.

Namun, kasus meledaknya kendaraan berbahan bakar gas belum pernah terjadi. Sebab diyakini, penggunaan BBG jenis compressed natural gas (CNG) mengusung keamanan yang tinggi.

"Belum ada yang meledak. Kalau terbakar dan berasap iya, meledak belum pernah dengar. Karena gini kalau CNG bocor itu akan hilang karena kebawa udara," beber Ridha.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com