Selasa, 06 Jan 2015 10:49 WIB

2 Fitur Futuristik VW Golf R Touch

- detikOto
Las Vegas - Volkswagen meluncurkan Golf R Touch di arena Consumer Electronics Show 2015, Las Vegas, Amerika Serikat. Mobil ini dilengkapi fitur terbaru yang futuristic yakni layar sentuh tiga dimensi (3D) dan sistem pengoperasian fitur tertentu melalui isyarat gerakan tubuh atau gestur.

Seperti dilansir Auto Guide, Selasa (6/01/2015), tiga layar sentuh beresolusi tinggi untuk menayangkan video tersebut, merupakan hasil kerjasama antara VW dengan pabrikan QNX. 

"VW Golf R Touch memiliki tiga layar resolusi tinggi, termasuk dua layar sentuh yang sensitif di konsol tengah," tulis laman itu.

Dua dari tiga layar tersebut berfungsi untuk mengoperasikan fitur hiburan dengan sistem kontrol HVAC.

Sedangkan satu layar yang berukuran lebih besar ditempatkan di depan pengemudi berfungsi sebagai informasi tentang kondisi mobil yang menggantikan cluster meter.

Pabrikan asal Jerman itu mengklaim fitur hiburan itu memiliki respon sangat tinggi. Walhasil, Anda tak perlu menyentuh atau mengutak-atiknya saat ingin mengganti saluran hiburan.

Bahkan tak juga harus menyenyuh layarnya, tetapi cukup dengan melambaikan tangan atau menunjuk ke lambang atau ikon fungsi dari sistem hiburan yang dimaksud.



Tak hanya itu, VW juga mendonstrasikan pengoperasian fitur lain yang juga menggunakan gerakan tubuh atau gestur.

Pada demo itu seorang pengemudi cukup melambaikan tangan untuk menutup sun roff, dan dalam sekejap atap pun tertutup.

Fitur itu berbasis kamera sebagai sensor untuk menangkap perintah dan mengirimnya ke sistem komputer guna mengoperasikan perintah tersebut.

VW menyebut semua fitur canggih itu ditawarkan guna memudahkan pengemudi saat mereka mengendarai mobil.

Mereka tak harus mencari-cari tombol atau saklar untuk mengoperasikan fitur tertentu, sehingga mengganggu konsentrasi dan membahayakan.



(arf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com