Senin, 01 Des 2014 14:55 WIB

Nissan: Mobil Hidrogen Belum Saatnya

- detikOto
Singapura - Hyundai, Toyota, Hyundai sudah siap dengan mobil-mobil hidrogen mereka. Tetapi rekan Honda dan Toyota, Nissan merasa era mobil hidrogen masih terlalu jauh. Yang diperlukan saat ini adalah mobil listrik dan bukan hidrogen.

Berbicara kepada media di Singapura, Vice Chairman Nissan Motor Co Toshiyuki Shiga mengatkan Nissan akan tetap fokus pada mobil listrik dan tidak akan buru-buru memasuki pasar mobil hidrogen.

"Kami perlu mempromosikan mobil listrik sebelum hidrogen," ujar Shiga seperti dilansir Japan Times, Senin (1/12/2014).

Shiga menambahkan meski tidak memprioritaskan mobil hidrogen saat ini, mobil hidrogen sudah masuk dalam progam jangka panjang Nissan.

"Saat ini kami memiliki hasil yang bagus dalam penjualan mobil listrik. Kami cukup optimistis mengenai ekspansi mobil listrik di masa depan. Nissan masih menjadi pemimpin di mobil listrik dan kami ingin mempertahankan posisi itu di dunia," ujarnya.

Nissan pertama kali merilis mobil listrik LEAF di 2010, dan mulai memasarkan sejak 2012. Dengan penjualan di lebih dari 40 negara, LEAF saat ini menjadi mobil listrik terlaris di dunia.

Shiga menekankan pembangunan infrastruktur hidrogen sangat mahal, meski pemerintah Jepang sudah siap memberikan subsidi.

"Tanpa bantuan dari pemerintah akan sangat sulit untuk meluncurkan mobil hidrogen, bukan halnya di Jepang, tetapi di negara lain. Mobil listrik jauh lebih ekonomis untuk konsumen," ujar Shiga.

Pada bulan Januari 2013 lalu, Nissan, Daimler AG dan Ford Motor Co mengumumkan kerja sama mereka dalam mobil hidrogen. Masing-masing akan memiliki merek mobil hidrogen sendiri-sendiri.




(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya