Kamis, 06 Nov 2014 10:57 WIB

Tanpa Airbag, Dua Mobil Ini Gagal Total di Tes Tabrakan

- detikOto
New Delhi - Airbag alias kantung udara sekarang merupakan fitur yang vital dan wajib dimiliki oleh sebuah mobil. Lihat saja uji tabrakan pada 2 mobil minim airbag. Kedua mobil itu tidak mendapatkan nilai alias mendapatkan bintang nol. Gagal total!

Dua mobil itu adalah mobil yang dijual di India yakni Maruti Suzuki Swift dan Datsun GO. Keduanya tidak lulus tes tabrak yang dilakukan oleh Global New Car Assessment Program (Global NCAP).




Pengujian kali ini dimaksudkan agar setiap kendaraan yang berlalu lintas di jalanan bisa tetap aman untuk pengendara. Dan dikatakan untuk mendapatkan sertifikat, setiap kendaraan harus dilengkapi dengan airbags dan sistem Anti-Lock Braking system (ABS).

Namun di India, Maruti Swift yang dijual tanpa memiliki airbag ataupun ABS sebagai fitur standar.

Hasilnya sangat mengecewakan, dikatakan Maruti Swift tidak mendapatkan bintang sama sekali, baik untuk kendaraan safety ataupun sebagai kendaraan yang memberikan keamanan untuk anak kecil.

Dan bisa dipastikan setiap penumpang berpotensi akan terluka parah karena tidak memiliki airbag.

Begitu juga dengan Datsun GO di India, dipastikan setiap pengendara dan penumpang akan mengalami luka berat, di bagian kepala, bagian tubuh, dan kaki. Namun berkat struktur bodi kendaraan mampu memberikan perlindungan sedikit kepada penumpang kepada penumpang anak kecil.

Oleh sebab itu Datsun masih mendapatkan 2 bintang untuk Child Restraint system.

The Datsun Go has been rated a zero for safety by Global NCAP
Crash test Datsun GO

Saat diuji tabrak bagian depan, Datsun GO dikemudikan dengan kecepatan 64 km/jam. Karena tidak dilengkapi dengan airbag, maka pengemudi yang diperankan oleh boneka kepalanya menghantam stir kemudi.

"Datsun GO memiliki struktur bodi yang sangat lemah. Jadi akan sia-sia jika nanti ditambahkan airbag," kata Sekretaris Jendral Global NCAP Davis Ward.

Sama halnya dengan Suzuki Swift, pada saat diuji tabrak bagian depan hasilnya sama seperti Datsun GO. Lebih beruntungnya, Suzuki memiliki varian Swift yang telah dilengkapi airbag, karena yang diuji tabrak itu yang tidak memiliki airbag.


Suzuki Maruti Swift crash test 1 web copy

Crash test Maruti Suzuki Swift

Jadi pabrikan jangan pelit memberi airbag ya!

(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com