Sabtu, 28 Jun 2014 09:57 WIB

Produksi Subaru BRZ Dihentikan?

- detikOto
Jakarta - Toyota menjalin hubungan dengan BMW dalam pengembangan mobil sport anyar. Kerjasama itu ternyata berdampak negatif pada produk Subaru BRZ.

Nasib mobil sport Subaru BRZ dikabarkan terkatung-katung karena Toyota pilih BMW dalam pengembangan generasi terbaru Toyota 86.

Keputusan tetap atau tidak keterlibatkan Subaru disampaikan oleh kepala pengembangan Toyota 86, Tetsuya Tada. Tada menjelaskan jika Toyota dan BMW bakal memperdalam kerjasama membuat mobil sport dan masih mempertimbangkan keterlibatan Subaru.

"Mungkin, tapi ini tidak diputuskan pada saat ini," kata Tada ketika ditanya apakah Subaru tetap terlibat dalam pengembangan dilansir drive, Sabtu (28/6/2014).

Artinya generasi baru Toyota 86 bisa terus hadir, namun bisa jadi pengembangannya bersama BMW dan meninggalkan Subaru. Kabar ini cukup mengejutkan karena Toyota dan Subaru selama ini terlihat harmonis.

Apalagi Toyota memiliki 20 persen saham di perusahaan induk Subaru, Fuji Heavy Industries dan keduanya berkomitmen melakukan riset pengembangan dan produksi mobil.

Peran Subaru semakin pudar ketika ditanya apakah BMW mengambil alih peran Subaru dalam kemitraan.

"Itu adalah salah satu kemungkinan," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan jika Fuji Heavy Industries, yang memiliki merek Subaru, akan berhenti membuat mobil Toyota Camry. Selama ini Subaru membuatkan Camry untuk Toyota di pabrik Lafayette, Indiana, Amerika Serikat.

Camry akan diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing, Kentucky, Inc., di Georgetown, Kentucky.



(ikh/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com