Jumat, 27 Jun 2014 09:07 WIB

Updated

Honda Akan Recall Accord Lansiran 2003 di Indonesia

- detikOto
(ilustrasi) (ilustrasi)
Jakarta -

Produsen airbag terbesar di dunia, Takata memang tengah diselidiki oleh National Highway Traffic Safety Administration. Beberapa produsen yang menggunakan airbag dari Takata terpaksa harus melakukan penarikan kembali atau recall.

Salah satunya adalah Honda yang ada beberapa model mobilnya menggunakan airbag dari Takata. Lalu bagaimana dengan Honda di Indonesia?

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, mengatakan pihak prinsipal yang berada di Jepang sudah memberikan surat mengenai recall airbag itu. Dalam surat itu disebutkan, Accord model tahun 2003 menggunakan airbag dari Takata.

"Suratnya baru memberikan informasi dan pihak prinsipal belum menyuruh untuk menarik Accord tahun 2003 yang ada di Indonesia. Tapi belum pasti karena belum fix," kata Jonfis di sela-sela peluncuran All New Honda Jazz di Ballroom Pullman Hotel, Central Park, Jakarta, Kamis (26/6/2014).

Dijelaskan Jonfis, Honda Accord tahun 2003 yang ada di Indonesia menggunakan komponen atau airbag dari Takata. Sekarang pihaknya masih terus mengkaji dan menunggu kabar dari prinsipal.

"Jika nanti sudah fix, kita akan melakukan recall Accord tahun 2003. Kurang lebih ada 940 unit Accord tahun 2003 itu, jadi jika pihak prinsipal sudah memberikan instruksi untuk recall maka kami akan langsung menariknya," bebernya.

Lanjut Jonfis, dalam hal recall pihaknya tidak akan menutup-nutupi. Jika memang harus ditarik maka mobil itu akan langsung diperbaiki. Tapi selama ini Accord 2003 belum ada masalah di airbag.

"Jika memang nanti harus di recall, konsumen tidak akan dipungut biaya dan akan dikerjakan dengan sampai beres. Tunggu saja, jika nanti harus di recall kita akan informasikan, sekarang masih aman," pungkasnya.

(ady/syu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com