Senin, 23 Jun 2014 13:02 WIB

Laporan dari Jepang

Mengenal Divisi Khusus Modifikasi Nissan, Autech

- detikOto
Kanagawa - Ketika berbicara mengenai paket modifikasi untuk mobil Nissan, mungkin ingatan tiap orang akan langsung tertuju pada nama Nismo. Tapi jangan salah sangka, Nissan juga memiliki lini modifikasi bernama Autech. Racikan Autech sudah beberapa tahun menghiasi gerai Nissan di Indonesia.

Autech pun bukan pemain kemarin sore. Sebab divisi khusus ini dibangun Nissan pada tahun 1986 silam atau hampir 3 dekade lalu. Sudah lebih dari 1 juta mobil Nissan yang mereka racik dan sebar ke berbagai belahan dunia.

Ketika berkesempatan datang ke markas Autech di Chigasaki, Kanawaga, Jepang, tampak kesederhanaan dan efisienitas tersembul kuat.

Karyawan Autech memang hanya 411 orang saja per Maret 2013, tapi Senior Vice President Autech Japan Inc Takaaki Oaku perusahaan yang dipimpinnya punya struktur kerja yang efektif dan efisien sekaligus ambisi cukup besar untuk berkembang.

Sejatinya, niat Autech adalah membuat mobil Nissan lebih personal dan berbeda dari produksi massal. Kini, mereka diakui Oaku makin fokus menghadirkan produk spesial (Special Vehicle-SV) untuk memenuhi kebutuhan konsumen lebih pribadi.

Hasilnya, mobil Nissan makin sporty dan dinamis. Berbagai varian mulai dari Juke Urban Selection, Elgrand Rider, March Bolero dan Teana Axis lahir dari niat tadi.

Itu di Jepang, di Indonesia seperti diketahui, Nissan baru saja menghadirkan Grand Livina Autech yang makin fresh. "Kami selalu mendiskusikan setiap modifikasi yang akan digarap dengan negara setempat agar sesuai dengan selera mereka," tambah Oaku.

Selain itu, para penumpang yang berkebutuhan khusus seperti manula atau penyandang cacat juga diperhatikan oleh Autech.

Ini mereka sebut (Life-care Vehicle : LV). Di markas Autech itu detikOto sempat diperlihatkan dua mobil yang dimodifikasi khusus untuk manula dan pengguna kursi roda.

Dan fokus terakhir mereka adalah membuat kendaraan yang mendukung pekerjaan pengguna Nissan (Work-use Vehicle : WV).

Autech ingin mobil Nissan menjadi lebih berguna. Berbagai modifikasi khusus dirancang sebut saja mobil khusus untuk sekolah mengemudi (driving school car) yang diberikan penambahan kaca spion untuk keamanan dan pedal khusus atau truk untuk kebutuhan broadcast yang mendukung kelistrikan kebutuhan siaran televisi.

"Fokus di Autech adalah inovasi dan kualitas. Kami terus berkembang. Kualitas juga menjadi salah satu fokus utama kami untuk hal apa pun. Mungkin Anda akan melihat barang yang mirip dengan yang kami buat, tapi silahkan bandingkan sendiri kualitasnya. Kami sangat memperhatikan hal itu dan kami yakin kualitas kami lebih baik," lugasnya.





(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com