Selasa, 11 Mar 2014 11:43 WIB

Inovasi

Mobil Audi Bisa Terhubung dengan Lampu Lalu Lintas

- detikOto
Las Vegas - Konsumsi bahan bakar pastinya dipengaruhi oleh cara Anda berkendara dan kondisi lalu lintas. Namun bagaimana jika Anda punya mobil cerdik yang bisa memberi tahu kondisi lampu lalu lintas di perempatan yang akan Anda lalui?

Audi mengenalkan inovasinya untuk mobil pintar. Mobil Audi memiliki teknologi yang bisa terhubung dengan sinyal lalu lintas di perkotaan dan bisa memprediksi lampu lalu lintas tengah berwarna merah atau hijau.

Bahkan mobil pun bisa menyarankan pengendaranya untuk melaju dengan kecepatan berapa agar bisa melewati perempatan dengan lampu lalu lintas yang masih menyala hijau. Jadi di perempatan, mobil bisa melaju dengan tenang dan pastinya tidak menghamburkan bahan bakar saat posisi kendaraan tengah diam.

Tetapi, jika pengendara sudah keburu berada di lampu merah, mobil secara otomatis akan menghitung waktu sampai lampu lalu lintas menyala hijau kembali, waktunya pun bisa dilihat pengendara lewat Driver Information System (DIS). Tak ketinggalan ada ikon lampu lalu lintas dalam DIS tadi.

Sistem juga berinteraksi dengan fungsi Start Stop kendaraan, sehingga 5 menit sebelum lampu hijau menyala, mesin mobil akan menyala dengan otomatis. Canggih ya?

Audi menuturkan sistem yang dinamakan Online Traffic Light Interaction ini sudah bisa dipasang di berbagai mobil Audi. Audi sudah mengetes sistem ini di jalanan yang sibuk seperti Las Vegas dengan mobil Audi A6 saloon yang dipamerkan di Consumer Electronic Show. Di Las Vegas, mobil dicoba dengan 50 lampu lalu lintas.

Pengetesan sistem juga tengah berlangsung di Verona, Italia, dimana mobil terhubung dengan 60 lampu lalu lintas.

Sementara di Berlin, Jerman, 25 pengguna mobil Audi bahkan sudah mencoba sistem yang terkoneksi dengan 1.000 lampu lalu lintas.

Audi mengklaim sistem ini bisa mereduksi penggunaan bahan bakar sampai 900 juta liter jika digunakan di seluruh Jerman. Emisi karbon dioksida diprediksi bisa berkurang sampai 15 persen.

Audi menuturkan sistem ini bisa dipakai di seluruh dunia.






(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com