Senin, 09 Des 2013 08:13 WIB

Pabrik Baru VW di RI Masih Proses, Fokus Pada Perakitan

- detikOto
Jakarta - Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) telah melakukan investasi senilai 200 juta euro atau sekitar Rp 3 triliun untuk membuat pabrik baru di Cikampek, Jawa Barat. Pabrik itu akan dibangun di atas lahan seluas 60 hektar.

Lalu ketika ditanya sudah sampai mana pembangunan pabrik baru itu? Presiden Komisaris PT Indomobil Subronto Laras menjelaskan kalau sampai saat ini masih dalam proses dan akan fokus terlebih dahulu ke perakitan.

"Sekarang sedang fokus dulu diperakitan, tapi ada masalah di peraturan komponen dan lain sebaginya," kata Subronto kepada detikOto di sela-sela peresmian diler VW di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dijelaskannya, karena fokus di perakitan maka prosenya akan lebih cepat ketimbang sektor manufacturing. Untuk diperkirakan selesai di tahun 2014 dan untuk manufacturing itu yang masih tanda tanya.

"Itu yang lama, saya baru bisa memastikan untuk perakitannya saja. Manufacturing masih lama, seiring berjalannya waktu saja," katanya lagi.

Sementara itu, CEO VW Indonesia Andrew Nasuri menambahkan kalau pihaknya sedang mengkaji ulang dan sudah melihat kondisi pasar dan ekonomi di Indonesia saat ini seperti apa.

"Keputusan dari Jerman sudah ada, seperti kami laporkan waktu bos VW AG datang sendiri ke Indonesia dan melaporkan ke menteri-menteri. Kami juga melihat kembali dengan adanya pelemahan kurs dolar dampaknya apa terhadap komponen-komponen yang akan kita gunakan," ujarnya.

(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com