Detroit Belum Akan Produksi Mobil di Detroit

- detikOto
Senin, 02 Sep 2013 19:58 WIB
Foto: Syubhan Akib
Detroit - Meski menggunakan nama Detroit, produsen mobil sport listrik, Detroit Electric ternyata tidak akan memproduksi mobil pertamanya di Detroit. Perusahaan ini lebih memilih Belanda.

Detroit Electric mengumumkan kalau mereka akan mulai membangun mobil sport listrik pertama mereka di Belanda, bukan di Amerika Serikat meski mereka menegaskan komitmennya untuk merakit mobil di AS suatu hari nanti.

Menurut rencana, fasilitas produksi merek ini akan mulai melakukan tugasnya di kuartal keempat 2013 menepis argumen sebelumnya yang mengatakan kalau mereka akan tetap memproduksi mobil di AS.

"Kami Detroit Electric, bukan London Electric," kata Albert Lam, CEO perusahaan ini seperti dikutip dari Detroit News.

"Komitmen kami untuk kota Detroit, negara bagian Michigan dan Amerika Serikat adalah tetap kuat seperti dulu. Sementara itu ada beberapa keterlambatan dalam rencana kami untuk memulai produksi di Detroit, banyak program kendaraan mengalami beberapa bentuk penundaan," akunya.

Meski diproduksi di luar AS, Detroit Electric akan berusaha untuk mengamankan sertifikat dari Federal Motor Vehicle Safety Standard Certification untuk memulai produksi di AS bila keadaannya sudah memungkinkan.

Detroit Electric sendiri bukanlah nama baru. Nama ini lahir setelah 7 dekade ditutup. Detroit Electric sebenarnya sudah berdiri lebih dari 100 tahun lalu.

Namun sempat mati di 1939, dan baru kembali berdiri di 2007 setelah didirikan kembali oleh CEO Lotus Engineering Group Albert Lam dan mendapatkan suntikan dana dari perusahaan asal China, Youngman.

Rencana sebelumnya, Detroit Electric ingin memulai aktifitas manufaktur kendaraannya di sebuah fasilitas di Plymouth pada bulan ini. Disana perusahaan akan mengembangkan pabrik dengan kapasitas produksi tahunan sekitar 2.500 unit dan mengatakan akan mempekerjakan lebih dari 100 pekerja.

Sebagai gebrakan, merek ini pun memperlihatkan mobil sport bertenaga listrik milik mereka, Detroit SP:01 di Shanghai beberapa bulan lalu.

Dibangun dari platform Lotus Elise, mobil ini diklaim hanya butuh 3,7 detik untuk berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam, mirip dengan Tesla Roadster.

Sementara topspeed mobil ini mencapai 250 km/jam. Cukup kencang untuk sebuah mobil listrik.

Kemampuan Detroit SP:01 ini didapat dari mobil listrik yang menghasilkan tenaga setara dengan 201 bhp dengan torsi 166 lb-ft yang disalurkan melalui transmisi manual 4-speed. Namun transmisi otomatis 2-speed juga mereka sediakan.

Menurut rencana, mobil ini akan diproduksi sebanyak 999 unit dengan harga mulai dari US$ 135 ribu.


(syu/ddn)