Selasa, 07 Mei 2013 10:52 WIB

Alat Ini Lebih Canggih dengan GPS

- detikOto
Bekasi - Belakangan ini penggunaan GPS di mobil sedang tren karena fungsinya yang dapat mempermudah Anda dalam mengemudi terutama dalam mencari lokasi yang akan disambangi.

Tapi ada 1 alat dari Isuzu yang juga fungsinya tidak jauh berbeda dengan GPS. Hanya saja alat ini baru bisa diaplikasikan di mobil-mobil keluaran Isuzu yang sudah dilengkap dengan ECM (engine control modul).

Mimamori namanya. Alat yang merupakan alat pengatur armada Isuzu ini mampu mampu menginformasikan segala hal yang dilakukan oleh pengemudi di jalan dan akan ditransfer ke server Mimamori melalui jaringan selular dan Anda dapat memonitor status mengemudi dengan PC Anda sendiri.

"Untuk saat ini alat ini hanya bisa digunakan di mobil Isuzu yang sudah dilengkapi dengan ECM. Kalau yang belum ada ECM belum bisa," ujar Manager Product PT Isuzu Astra Motor Indonesia Tonton Eko di sela-sela acara Workshop Teknologi Mesin Diesel di Trainning Center Isuzu, Pondok Ungu, Bekasi.

Apa saja keunggulan dari Mimamori ini? Tonton pun membeberkannya.



  • Dapat menganalisis secara rinci tingkat keselamatan mengemudi atau hemat bahan bakar dan menggunakan analisis ini untuk perbaikan pelanggan.
  • Dapat memberitahukan kecelakaan atau Anda akan menerima pesan berupa pemberitahuan ketika kendaraan Anda mengalami kecelakaan.
  • Peringatan terlalu kencang, rem mendadak atau melakukan akselerasi mendadak. "Nantinya manajer operational dapat memeriksa tingkat bahaya mengemudi dan secara otomatis dapat mengirimkan data jika pengemudi melakukan hal yang tidak benar atau menyalahi aturan yang ditentukan," timpalnya.
  • Memberikan informasi mengenai efisiensi bahan bakar. "Mimamori akan menjelaskan alasan mengapa penghematan bahan bakar tidak dapat ditingkatkan. Misalnya pola mengemudi Anda salah," lugasnya.
  • Sebagai pengatur atau pemilik dari mobil itu maka Anda dapat mengirim pesan ke driver dari kantor Anda atau Anda juga bisa memeriksa apakah pesan telah dibaca atau tidak.
  • Selain itu Mimamori ini juga dapat memberikan informasi peringatan untuk mengontrol pada area tertentu. "Ini biasanya sering dilakukan oleh para pemilik truk yang tidak ingin truknya singgah di tempat-tempat tertentu yang dapat membahayakan truk dan pengemudinya," paparnya.
  • Keunggulan lainnya seperti pemberitahuan perawatan. Nantinya jika sudah di setting maka Mimamori akan mengingatkan Anda untuk melakukan servis berkala.
  • Terakhir yakni peringatan antipencurian. "Anda sebagai pemilik kendaraan maka bisa mengaturnya dengan cara memberikan password ketika mobil akan dinyalakan. Jika tidak sesuai maka mobil tidak akan menyala," tandasnya.


(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com