Rabu, 27 Feb 2013 12:34 WIB

Hanya 20 Menit, Bikin SIM Internasional Kini Berlaku 3 Tahun

- detikOto
Jakarta - Otolovers yang berniat untuk pergi ke luar negeri dan akan berkendara di sana tentu membutuhkan Surat Izin Mengemudi atau SIM internasional.

Kini mendapatkan surat sakti itu ternyata makin mudah. Pembuatan SIM internasional sendiri dilakukan di Korps Lalu Lintas Polri di Jl. MT Haryono, Jakarta.

Saat detikOto menyempatkan diri membuat SIM internasional prosesnya kini lebih cepat, asyiknya lagi tidak ada calo di sini. Tinggal pencet untuk mendapatkan nomor urut dan tunggu dipanggil. Saat mulai mendaftar pukul 9.45 WIB, sekitar 20 menit kemudian SIM internasional sudah jadi.

Yang beda lagi, kini masa berlakunya lebih lama yakni 3 tahun. SIM yang didapatkan detikOto hari ini berlaku sampai 27 Februari 2016.

Dengan biaya yang sama yakni Rp 250.000 untuk SIM internasional baru dan Rp 225.000 untuk perpanjangan SIM. Itu sudah sesuai dengan aturan PNBP PP No 50 tahun 2010.

Tidak seperti dulu di beberapa bulan lalu, SIM internasional hanya berlaku satu tahun saja.

"Jadi dengan lebih lamanya masa berlaku, lebih hemat lagi, karena kita tidak lagi keluarkan biaya tahunan ya kalau untuk memperpanjang," ujar Dani (33) tahun di Pancoran, Rabu (27/2/2013).

"Saya juga bingung, biasanya setahun, bagus lah," ujar Rizal, pemohon SIM lainnya.

Polwan ramah yang melayani para pemohon SIM pun dengan ramah dan sigap agar kita bisa cepat mendapatkan SIM, kadang serasa diburu-buru memang, tapi perlu agar pemohon SIM lain cepat terlayani.

Untuk mendapatkan SIM internasional ini jangan lupa menyertakan dokumen seperti paspor asli dan foto copy (1 lembar), SIM asli dan foto copy (1 lembar), KTP asli dan foto copy (1 lembar), pas foto berwarna background biru 4x6 3 lembar dan materai Rp 6.000. Bonus buku setebal 343 halaman mengenai regulasi berkendara di berbagai negara. Lumayan, gratis! Tidak perlu lagi mengunduh di situs kepolisian.


(ddn/ikh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com