Minggu, 06 Jan 2013 08:58 WIB

Tucuxi Dikembangkan Jauh Sebelum Dahlan Iskan Jadi Menteri

- detikOto
Dahlan Iskan dan Tucuxi (Ari Saputra)
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengatakan kalau mobil 'Ferrari' listrik Tucuxi adalah miliknya karena dialah yang membiayai pengembangan mobil ini. Pencipta Tucuxi pun membantahnya sebab mobil ini sudah lama dikembangkan sebelum Dahlan jadi menteri.

Dahlan mengatakan kalau dia memiliki sepenuhnya mobil listrik 'Ferrari' Tucuxi dengan alasan yang jelas. Pasalnya segala kebutuhan mobil listrik itu datang dari Dahlan dan bukan dari pecipta Tucuxi Danet Suryatama.

"Kalau yang ini (Tucuxi -red) yang rancangan Pak Danet Suryatama ini sejak awal risetnya yang membiayai saya. Jadi mobil ini sudah menjadi milik saya," ujar Dahlan di Solo, Sabtu (5/1/2013).

Dahlan menambahkan, selama ini Danet hanya sekedar merakit motor dan baterai mobil listrik tersebut.

Sementara Danet mengatakan kalau Dahlan tidak memiliki itikad baik dan mencoba mencontek teknologi yang sudah dia kembangkan dan patenkan.

Hal itu terjadi karena Danet sejak tanggal 20 Desember silam sudah tidak diperbolehkan lagi melihat mobilnya. Mobil pun sudah dibongkar sendiri oleh tim Dahlan Iskan.

Kami tidak bermasalah apabila pembongkaran dilakukan bukan untuk dicontek atau direka-reka teknologi elektroniknya," kata Danet dalam pernyataan yang diterima detikOto.

"Kami telah mempunyai perjanjian dengan Kupu-Kupu Malam untuk tidak saling membuka rahasia dan juga dengan pihak Pak Dahlan mengenai penjagaan terhadap hak cipta desain dan engineering desain kami," tambahnya.

"Kami mempunyai bukti surat-surat perjanjian tersebut termasuk dengan komunikasi email serta BBM yang menyertai permintaan penandatanganan perjanjian tersebut. Teknologi tersebut pun adalah hak cipta kami dan telah kami patenkan. Penelitian tentang mobil listrik inipun kami mulai sejak tahun 2004, jauh sebelum bertemu dengan Pak Dahlan," ujarnya.

"Selain itu kami juga mempunyai foto-foto bukti pembongkaran yang dilakukan oleh pihak Pak Dahlan dan Kupu-kupu Malam. Foto-foto tersebut kami ambil pada waktu pengambilan peralatan kami di lokasi Kupu-Kupu Malam pada tanggal 29 Desember 2012," lugasnya.

Akibat pembongkaran serampangan itu, sistem yang ada di Tucuxi pun banyak berubah dan mengalami masalah. Hasilnya, Dahlan Iskan mengalami kecelakaan dengan 'Ferrari' listrik Tucuxi Sabtu siang karena rem blong. Sistem rem ini pula yang menurut Danet juga diutak-utik oleh tim Dahlan.

Mobil listrik Tucuxi ini mengalami kecelakaan di Plaosan, Magetan saat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengemudikannya.

Meski remnya blong, Dahlan Iskan selamat tanpa mengalami luka serius dan tetap bangga dengan Tucuxinya.


(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com