Jumat, 30 Nov 2012 17:32 WIB

Toyota: Harga Mobil Pasti Naik

- detikOto
Ilustrasi (detikOto) Ilustrasi (detikOto)
Bandung - Pabrikan mobil mulai mengeluhkan keuntungan produsen mobil semakin kecil akibat harga material untuk produksi semakin meningkat dan begitu pula nilai tukar. Dampaknya jelas, harga mobil bakal naik di tahun depan.

Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM), Joko Trisanyoto, mengatakan pihaknya mengikuti peraturan yang akan dikeluarkan oleh pemerintah terkait kenaikan beberapa harga material yang akan digunakan sebagai bahan dasar produksi mobil.

"Toyota mengikuti pemerintah saja. Tapi kemungkinan harga mobil akan naik," tutur Joko di sela acara Workshop Wartawan Industri dan Otomotif 2012 di Bandung, Jumat (30/11/2012).

Selain beberapa faktor yang tadi, ada faktor lain yang mendorong harga mobil menjadi naik di tahun 2013 nanti. Salah satunya kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang kini menjadi Rp 2,2 juta.

"Faktor kenaikan UMP juga bisa tapi dampaknya tidak akan langsung seperti faktor lainnya. Mungkin dampaknya membutuhkan waktu yang cukup lama," bebernya.

Sementara itu, penjualan Toyota sepanjang 10 bulan 2012 ini bahkan melebihi pertumbuhan nasional.

Dalam kurun Januari—Oktober 2012, total market nasional sudah mencapai 923.132 unit atau tumbuh 23,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 746.184 unit.



(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed