Mobil Teririt VW akan Diproduksi

- detikOto
Rabu, 03 Okt 2012 07:49 WIB
VW XL1
Wolfsburg - Setelah melalui serangkaian uji coba, mobil teririt milik Volkswagen, XL1, kembali ditegaskan akan segera dilahirkan. Mobil ini diklaim memiliki angka konsumsi BBM hingga 1:111 km/liter.

Pimpinan R&D VW Ulrich Hackenberg kepada What Car? mengatakan kalau mobil hybrid dua tempat duduk tersebut hanya akan diproduksi dalam jumlah yang terbatas.

VW XL1 sendiri sudah diperlihatkan di ajang Qatar Auto Show di Doha tahun 2011 itu hadir dengan tubuh yang terbuat dari bahan karbon fiber yang ringan namun kuat dengan keunggulan utama pada efisiensi bahan bakarnya.

Mobil ini dapat mencapai titik tertinggi dan mampu berjalan hingga 111 km hanya dengan meminum 1 liter bahan bakar.

Karena itulah tidak heran bila mobil ini dijuluki 'mobil satu liter' berkat sistem hybrid yang menyandingkan mesin diesel dua silinder berkapasitas 800 cc dengan motor listrik yang tenaganya disimpan dalam baterai lithium ion.

VW berkata meski pengendara kehabisan bahan bakar di tengah jalan, dia dipastikan akan bisa pulang ke rumah, sebab daya listrik yang berada di baterainya mampu membuat XL1 berjalan hingga 35 km tanpa bahan bakar.



(syu/ddn)