Renault Pasti Masuk Indonesia

- detikOto
Rabu, 25 Apr 2012 17:48 WIB
Jakarta - Produsen mobil Renault akhirnya memastikan diri akan masuk Indonesia. Untuk menandai kehadiran 'si anak hilang' ini, ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pun siap mereka gebrak.

Ketua Penyelenggara IIMS, Johny Darmawan mengungkapkan kalau Renault sudah memastikan diri untuk ikut serta dalam ajang yang siap dihelat 20-30 September itu.

"Renault masuk, yang lain masih sama dengan tahun lalu," ujarnya di Jakarta, Rabu (25/4/2012).

Sebelumnya, kabar kehadiran kembali Renault di Indonesia sudah berhembus kencang. Model-model Renault yang dimiliki seperti model hatchback, multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV)) tampak gemuk dan membuat potensi kembalinya Renault terbuka lebar.

Apalagi untuk mobil model tadi Renault memiliki banyak kandidat mulai dari Duster, Clio, Twingo, Modus, Magane, Koleos, Scenic, hingga Sandero atau Kangoo.

IIMS Siap Tebar 'Virus Hijau'

IIMS yang merupakan pameran mobil terbesar di Indonesia siap digelar. JIExpo tetap akan menjadi perhelatan seperti tahun lalu, tapi tahun ini lahan yang mereka gunakan akan lebih besar lagi.

Tercatat total stand yang akan digunakan produsen-produsen mobil memamerkan inovasinya bersama industri pendukungnya akan memakan lahan 37.582 meter persegi, meningkat dari tahun lalu yang memakai lahan 28.618 meter persegi. Di tambah lahan lain untuk acara pendukung, total lahan yang akan digunakan IIMS mencapai 70.550 meter persegi, bertambah dari 63.654 meter persegi.

Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, IIMS tetap konsisten untuk mengusung tema teknologi ramah lingkungan, dan tahun ini IIMS akan mengusung tema Eco-Mobility dalam penyelenggaraannya. Tema ini dianggap mampu mempromosikan mobilitas dan aksesibilitas yang ramah lingkungan serta efisiensi bahan bakar khususnya di kota-kota besar di Indonesia.

"Kita akan terus pakai 'aroma' ramah lingkungan," tandasnya.

Pemilihan tema Eco-Mobility ini menurut Johny kembali diangkat karena dipicu oleh perilaku berkendara saat ini yang sering membawa dampak negatif terhadap lingkungan, kesehatan, serta dukungan infrastruktur kota yang belum sepadan.

Masyarakat perlu solusi tepat untuk bertransportasi dengan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan, sekaligus dapat menambah daya dukung pada lingkungan sekitar. Tema Eco-Mobility mewakili gaya hidup masyarakat perkotaan yang baru, mendukung cara cerdas bertransportasi, dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dengan menggunakan bahan bakar alternatif, serta efisiensi penggunaan bahan bakar. Semangat yang diangkat adalah semangat untuk memprioritaskan cara hidup yang mengutamakan kegiatan ramah lingkungan serta konservasi energi.

Untuk mencapai tempat pameran, pihak penyelenggara pun menyediakan puluhan shuttle bus dari berbagai wilayah seperti Margo City, Pondok Indah Mall 2, Plaza Senayan, Tamini Square hingga Taman Anggrek/Central Park untuk memobilisasi calon pengunjung dari berbagai wilayah. Sementara untuk lahan parkir bagi mereka yang membawa mobil pribadi saat pengunjung sedang membludak bisa menaruh mobilnya di Mega Glodok Kemayoran dan menuju tempat acara dengan bus yang juga sudah disediakan panitia secara gratis.

Di arena acara akan ada 33 merek kendaraan ikut ambil bagian, terdiri dari 25 merek kendaraan penumpang dan 8 merek kendaraan niaga serta perusahaan dari aksesoris dan juga industri pendukung otomotif. Dengan total 33 merek peserta, pelaksanaan IIMS 2012 merupakan penyelenggaraan IIMS dengan merek peserta terbanyak dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk tetap menarik animo pengunjung, IIMS 2012 tetap mempertahankan program-program unggulan yang selalu ada di setiap penyelenggaraan IIMS, meliputi Indonesia International Automotive Conference, Test Drive, IIMS Drift War, Favorite Car Competition, Favorite Stand Competition, Exhibitors Night, Stunt Show, Classic Cars Show, dan Miss Motor Show 2012.

Selain program yang berhubungan langsung dengan otomotif, penyelenggara juga memiliki komitmen untuk meningkatkan program sosial pada pameran internasional ini. Program sosial yang selalu diselenggarakan IIMS setiap tahunnya antara lain Kunjungan Penyandang Cacat, Kunjungan Anak Yatim, Student’s Day, Sumbang Buku dan Donor Darah, kemudian IIMS juga memberikan dukungan untuk beberapa organisasi non-profit seperti WWF, UNICEF, FAO serta dukungan kepada berbagai universitas, serta Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI).

Kemudian untuk terus menyajikan kenyamanan bagi pengujungnya IIMS juga kembali menyediakan fasilitas-fasilitas untuk pengunjungnya, IIMS juga menyediakan fasilitas didalam area pameran berupa Medic Room, Nursery Room, ATM Center di Pusat Niaga JIExpo, Charging Corner, dan Smoking Area. Dan pada tahun ini, agar pengunjung yang membawa anak-anak merasa lebih nyaman, penyelenggara membuat fasilitas baru berupa Kids Corner dan peminjaman stroller, yang dapat dinikmati oleh pengunjung IIMS 2012 secara cuma-cuma.

Dengan segala hal itu, maka penyelenggara berharap dapat meningkatkan pengunjung dari 323.823 orang di pagelaran tahun lalu serta meningkatkan angka transaksi menjadi lebih dari Rp 3,2 triliun seperti yang dicatat tahun lalu.


(syu/ddn)