Jumat, 06 Apr 2012 06:40 WIB

VW Hasil Desain Orang Indonesia Jadi Mobil Terbaik Dunia

- detikOto
New York - Setelah melalui proses seleksi yang ketat akhirnya mobil kecil Volkswagen Up! terpilih menjadi mobil terbaik dunia tahun ini. Pengumuman mobil terbaik ini digelar di sela-sela New York International Auto Show.

Ini merupakan kali ketiga Volkswagen dinobatkan sebagai mobil terbaik. Sebelumnya Volkswagen Polo merengkuh mahkota ini pada 2010 lalu, kemudian VW Golf MK VI menang di 2009.

Indonesia patut bangga soalnya mobil ini dirancang oleh desainer VW yang merupakan kelahiran Bandung, Chris Lesmana. Chris menggarap Up! bersama dengan Klaus Bischoff, dan Marco Antonio Pavone. Desain patennya terdaftar di Amerika Serikat pada 2008 lalu.

Volkswagen Up! dipilih oleh 64 juri yang merupakan jurnalis otomotif dari seluruh dunia. Total ada 34 mobil yang dinominasikan tahun ini.

Tahun ini Volkswagen Up ! mengalahkan pesaingnya yang merupakan 'mobil raksasa' seperti BMW Seri 3 dan Porsche 911.

"Penghargaan ini menunjukkan kalau desainer dan insinyur VW Up! sudah menciptakan mobil dengan ditel terbaik. Mobil yang menetapkan standar di kelasnya untuk konsumsi BBM, keamanan, kenyamanan berkendara dan ramah lingkungan," ujar CEO VW Martin Winterkorn dalam siaran pers.

Apa alasan juri memilih VW Up!? Si mungil Volkswagen Up! sudah memenuhi semua aspek yang diharapkan dari segmen mobil perkotaan.

Pengemudiannya responsif, suspensi yang canggih, mesin yang efisien, dan kualitas material yang bagus. "Belum ada kendaraan di kelas ini yang menawarkan pembelinya sesuatu yang mewah," demikian pernyataan juri. Simak foto-foto VW Up! di sini

Kategori lain

Sementara itu untuk kategori lainnya. Meski kalah di mobil terbaik dunia, Porsche 911 terpilih menjadi mobil dengan performa terbaik.

Mobil yang didesain oleh Victoria Beckham, yakni Range Rover Evoque terpilih sebagai mobil dengan desain terbaik.

Sedangkan untuk mobil hijau terbaik jatuh pada Mercedes-Benz S 250 CDI BLUEEFFICIENCY.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com