Kamis, 01 Mar 2012 16:30 WIB

Mobil Jerman pun Pernah Tidak Lulus Uji Emisi

- detikOto
Jakarta - Mobil Esemka sudah 2 kali melakukan uji emisi, 2010 dan terakhir 2012. Tapi kedua-duanya dinyatakan tidak lulus karena belum memenuhi ambang batas emisi yang ditentukan pemerintah Indonesia.

Melihat hal tersebut, Anggota DPR Roy Suryo yang mengantarkan Esemka melakukan uji emisi mengaku tidak kaget. Soalnya bukan hanya Esemka yang mengalami jatuh bangun, mobil asal impor seperti mobil asal Jerman juga pernah dinyatakan tidak lulus uji emisi.

"Pantang mundur, jangan menyerah. Jangan kaget, tidak hanya Esemka, banyak produk-produk bahkan dari Jerman sekali pun yang pernah tidak lulus uji emisi," kata Roy, Kamis (1/3/2012).

Ia pun menyarankan pihak Esemka memperbaiki kekurangan tersebut. "Esemka harus memperbaiki ini," ucapnya.

Seperti yang dijelaskan Roy, Pak Walikota Solo dan Wakil Walikota Solo sangat terima dengan keputusan tersebut. "Soal Pak Wali, beliau sebenarnya cukup legowo ketika mendengar hal tersebut dan akan mengkomunikasikanya dengan PT Solo Manufaktur Kreasi," ujarnya.

Di sisi lain, Roy meminta pemerintah, meski emisi Esemka belum memenuhi syarat, izin produksi Esemka tetap dikeluarkan.

"Surat uji tipe dan izin produksi mohon dikeluarkan agar bisa bisa diproduksi mobil ini. Kenapa saya minta seperti itu, bahwasanya saya dengar tidak semua kendaraan yang masuk ke RI Indonesia. Tapi diperbolehkan, dan mereka pun memperbaiki kekurangan. Kasus seperti ini tidak istimewa," tutur Roy.


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com