Demam Mobnas Juga Melanda Turki

- detikOto
Jumat, 20 Jan 2012 18:06 WIB
Jakarta - Demam mobil nasional ternyata tidak hanya melanda Indonesia. Sebab Turki pun ternyata juga dijangkiti hal yang sama. Bahkan saat ini beberapa pihak di Turki sedang merancang kelahiran mobil yang sepenuhnya dibuat di Turki.

Pembangunan mobil itu dimulai oleh Tofas (Turk Otomobil Fabrikasi A.S), sebuah perusahaan joint venture antara perusahaan lokal Koc Holding dan pabrikan mobil Italia, Fiat. Chairman Mustafa Koc pun mengamini hal ini.

"Mereka akan memberikan kami dukungan teknis, tetapi kendaraan ini akan dibuat oleh Tofas," kata Koc seperti detikOto kutip dari Reuters, Jumat (20/1/2012).

"Ini akan menjadi sebuah mobil yang masuk dalam kategori bahwa setiap orang bisa membelinya," tambah konglomerat ini meski dia tidak bisa memberikan target waktu atau rincian lainnya.

Sementara itu, CEO Fiat Sergio Marchionne mengatakan kalau perusahaan itu sedang melakukan perencanaan produksi mobil buatan Turki itu di Bursa yang berada di barat laut negara itu.

Harian Vatan melaporkan kalau Marchionne pada pada pameran mobil di Detroit menjelaskan bahwa kemajuan telah dibuat dalam masalah mobil Turki ini setelah pembicaraan dengan Perdana Menteri Tayyip Erdogan yang telah mendorong untuk membuat mobil yang sepenuhnya buatan Turki.

Kabar lain mengatakan kalau mobil Turki itu akan dibangun berdasarkan mobil sedan Fiat Albea yang sudah tidak diproduksi di beberapa negara.

Mobil yang memiliki bobot 1.045 kg ini memiliki dimensi 4.210x1.703x1.489 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.439 mm. Mobil ini memiliki sejumlah pilihan mesin mulai dari mesin bensin 1.2 liter Fire I4, mesin bensin 1.4 L Fire I4, mesin bensin 1.6 L I4 dan mesin diesel 1.3 L MultiJet I4 yang disandingkan dengan transmisi manual 5-speed.

(ddn/ddn)