Senin, 16 Jan 2012 15:55 WIB

Pertamina: Pertamax Bisa Bersihkan Mesin

- detikOto
Jakarta - PT Pertamina menjamin, bahan bakar non subsidi Pertamax sudah dilengkapi dengan berbagai aditif yang bisa membantu membersihkan mesin.

Dalam siaran pers, Pertamax merupakan produk bahan bakar yang sudah mengandung aditif yaitu: Detergency, Anti-corrosion dan Demulsifier.

Detergency berfungsi membersihkan deposit yang ada dalam Intake Fuel Valve, Anti-corrosion berfungsi membantu melindungi karat di tangki dan pipa bahan bakar. Serta demulsifier, membantu menjaga kemurnian bahan bakar dari zat asing seperti air.

"Khusus untuk sifat deterjensi teknologi aditif yang dipakai di Pertamax selain mempunyai sifat Keep Clean (menjaga kebersihan) dan Clean Up (membersihkan) mesin yang sudah kotor akibat penggunaan bahan bakar yang tidak beraditif," tulis Pertamina menanggapi artikel detikOto dengan judul “Ganti Premium dengan Pertamax Bersihkan Mesin? “ pada tanggal 3 Januari 2012.

Seperti tergambar dari grafik di bawah ini, berdasarkan hasil pengujian dari pabrikan aditif bahan bakar di Jerman terlihat penggunaan Pertamax setelah beberapa waktu menggunakan Premium akan membantu kebersihan mesin khususnya di Intake Valve Deposit.





(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com