Senin, 02 Jan 2012 12:21 WIB

Esemka Jadi Mobil Dinas Walikota Solo

- detikOto
Solo - Agar booming, mobil buatan anak bangsa tepatnya garapan siswa SMK yakni Esemka diminta banyak orang untuk menjadi kendaraan dinas pejabat pemerintahan. Dan kini hal itu terjadi. Dan yang pertama kali yang menggunakannya adalah Walikota Solo Joko Widodo.

Hari ini berlangsung penyerahan 2 unit mobil Esemka Rajawali (SUV) dari SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta kepada Jokowi sebagai mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota Solo Hadi Rudyatmo.

Penyerahan kedua mobil ini dilakukan di Balai Kota Surakarta di Jalan Jendral Sudirman No. 2 Surakarta yang langsung diterima oleh Walikota dan Wawalikota Surakarta.

"Penyerahan dilakukan pukul 10.00 WIB sampai selesai. Serah terima langsung dilakukan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta kepada Walikota dan Wawalikota Surakarta," kata Humas SMK Negeri 2 Surakarta, Kasmadi kepada detikOto, Senin (2/1/2012).

Mobil rakitan anak bangsa yang menjelma menjadi kendaraan SUV itu dilengkapi mesin berkapasitas 1.800 cc, 2.000 cc, 2.200 cc, dan diesel 2.500 cc. Di awal debutnya mobil tersebut dihargai antara Rp 140 juta sampai 175 juta.
Mobil nasional Esemka ini mencuat pertama kali di 2009 lalu dalam sebuah event pameran di Kementerian Pendidikan Nasional.
(ikh/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com