Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 09 Januari 2017, 09:16 WIB

Mercy Jawara Mobil Premium

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mercy Jawara Mobil Premium Foto: Mercedes-Benz
Jakarta - Terbiasa di bawah bayang-bayang BMW sejak tahun 2005, Mercedes-Benz akhirnya menjadi jawara di kelas mobil premium dunia.

Seperti dilansir Reuters, Senin (9/1/2017), Mercy meraih mahkotanya 4 tahun lebih cepat dari target yang diinginkan. Ironisnya, Mercy meraih pencapaian itu setelah berhenti mengejar target pangsa pasar dan fokus untuk membuat mobil berteknologi namun stylish yang dicintai oleh konsumen.

Daimler dalam siaran pers, mengatakan selama 2016, menjual 2,08 juta mobil Mercedes-Benz di seluruh dunia. Jika memasukkan data penjualan merek mobil Smart angkanya bertambah menjadi 2,23 juta.

Angka itu cukup untuk mengalahkan BMW yang sudah menguasai pasar premium sejak 2005. BMW sendiri baru akan merilis data penjualan 2016 hari Senin ini, namun angkanya diprediksi tidak akan sanggup mengalahkan Mercy.

Tanda-tanda BMW akan kalah dari Mercy sebenarnya sudah terlihat sejak bulan November lalu. Di Januari-November penjualan Mercedes-Benz naik 11,8 persen dengan total penjualan mencapai 1.893.619 unit di seluruh dunia. Sementara periode yang sama BMW membuntuti di urutan ke dua dengan 1.824.490 unit, naik 5,6 persen.

Hasil yang dicapai Mercy ini tak lain juga merupakan strategi brilian dari CEO Daimler Dieter Zetsche yang akhir-akhir ini melakukan perubahan desain secara total di mobil Mercy dan juga teknologinya. Dia juga mengadopsi pola pemikiran ala perusahaan di lembah Silikon ketimbang cara pemikiran tradisional ala Stuttgart.

Zetsche tahun 2011 lalu menargetkan Mercy akan menjadi pemimpin mobil premium dunia di tahun 2020. Tahun 2011 itu Mercy tengah cukup terpuruk karena berada di urutan ketiga.


(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed