Ini Cara Klub Moge Melawan Pandemi

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 23 Mei 2021 17:06 WIB
Klub motor gede (moge)
Klub moge. Foto: Instagram SOUTHLANDERZ MC INDONESIA
Jakarta -

Sudah lebih dari dua tahun masyarakat dunia menghadapi pandemi COVID-19. Banyak cara yang dilakukan untuk membuat dunia sehat kembali dan pandemi berakhir. Hal ini juga ikut dilakukan oleh para anggota klub motor gede alias moge.

Tentunya mengikuti arahan pemerintah untuk tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak adalah hal yang utama. Namun menahan diri untuk tidak riding adalah cara yang dilakukan beberapa klub moge ini.

Radithya Fajri, Sekjen Horse Power Indonesia (HPI) Jawa Barat, mengatakan bahwa komunitasnya benar-benar mengurangi segala aktivitas yang melibatkan pertemuan anggota secara masif.

"Kalau sekadar kumpul kopdar masih ada sebulan 1 kali, itu pun dengan anggota dalam kota saja. Kami sangat mengurangi untuk riding keluar kota, apalagi sejak ada aturan nggak boleh keluar kota kemarin," papar pria yang akrab disapa Adit ini kepada detikOto, Sabtu (22/05/10).

Selain itu, klub motor Horse Power Indonesia Jawa Barat ini juga mengaku sengaja menunda beberapa agenda rutin untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Biasanya kita ada agenda rutin, acara buka bersama dengan anak yatim. Tapi sejak pandemi ini kita menahan diri untuk tidak melakukannya secara langsung," lanjut Radithya Fajri.

Selain klub motor gede dari Jawa Barat ini, hal serupa juga dinyatakan oleh klub motor mayoritas Harley Davidson di Jakarta. Yoga Matofani selaku Vice President Southlanderz MC mengatakan, klubnya menahan diri untuk beraktivitas terlalu sering, apalagi karena salah satu anggota mereka menjadi korbannya.

Klub motor gede (moge)Klub motor gede (moge) Foto: Instagram SOUTHLANDERZ MC INDONESIA

"Kemarin El Presidente kita meninggal karena Covid, jadi teman-teman lebih berjaga-jaga pastinya," papar Yoga kepada detikOto, Sabtu (22/05/10)

"Touring pasti dikurangi. Cuma untuk bakti sosial sih, kita tetap lanjut apalagi karena ada momen Ramadhan. Sejak pandemi ini, kami paling riding di seputaran Jakarta dan sekitarnya aja. Itu pun agak dikurangi," ujar Yoga.

Yoga mengaku ada beberapa anggota dari Southlanderz MC ini yang belum pernah berkumpul lagi sejak awal pandemi karena menjaga dengan ketat penyebaran virus COVID-19.



Simak Video "Ini Moge-moge yang Diamankan di Kasus Pengeroyokan 2 Anggota TNI"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)