Jumat, 14 Feb 2020 17:47 WIB

Misi Kemanusiaan ala Penunggang Moge Berjas Putih

Rangga Rahadiansyah - detikOto
MedDocs & Friends Indonesia, Komunitas Dokter Penunggang Bikers Moge MedDocs & Friends Indonesia, Komunitas Dokter Penunggang Bikers Moge. Foto: Dok. MedDocs & Friends Indonesia.
Jakarta -

Dokter tak melulu berada di rumah sakit dengan jas putih sambil mengalungkan stetoskopnya. Dokter juga memiliki hobi yang disalurkan di sela-sela kesibukannya. Salah satunya adalah dengan hobi main motor gede (moge).

Kini, ada wadah komunitas moge yang anggotanya berprofesi sebagai dokter. Namanya MedDocs & Friends Indonesia. Dokter yang biasanya mengenakan setelan rapi dengan jas putih, saat bergabung dengan anggota lainnya di komunitas tersebut berubah lebih gahar dengan balutan aksesori jaket dan boot berbahan kulit berhias bahan metal, duduk di atas kuda besi dengan rauman mesin berkapasitas di atas 500 cc.

Meski tampil lebih nyentrik sebagai bikers moge, mereka tetaplah dokter yang memiliki hati nurani untuk menolong siapa pun dan siaga dalam situasi kegawatdaruratan. Aktivitas menyalurkan hobinya disisipkan misi kemanusiaan.

Saat pada dokter ini melakukan Rolling Thunder atau touring, mereka bersiap dengan peralatan dokter mereka dan membuat daftar kontak rumah sakit yang berada di sepanjang rute yang akan dilalui. Itu dilakukan demi berjaga jika ada situasi kegawatdaruratan di perjalanan, baik member ataupun siapa saja yang ditemui di perjalanan yang mengalaminya.

"Social and Happiness, visi yang dibangun MedDocs & Friends Indonesia menjadi alasan besar untuk selalu menyelipkan kegiatan sosial terkait bidang medis dalam setiap hajatan para dokter biker ini. Berdiri pada tanggal 2 Pebruari 2009. Berawal dari beberapa komunitas kecil dokter biker ini, berkomitmen untuk membuat wadah komunitas secara nasional. Saat ini MedDocs & Friends Indonesia merangkul lebih dari 500 biker di tanah air, yang tidak hanya terbatas dari kalangan dunia medis saja," tulis MedDocs & Friends Indonesia dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Ada beberapa agenda kerja sosial yang diselipkan dalam acara MedDocs & Friends Indonesia. Di antaranya adalah operasi katarak dan operasi bibir sumbing gratis bagi masyarakat dengan menggandeng komunitas biker motor besar lainnya.

Kini, MedDocs & Friends Indonesia akan berulang tahun yang ke-11 di Kota Solo, dan akan diikuti oleh seluruh chapter MedDocs & Friends Indonesia dan komunitas biker lainnya. Diperkirakan akan hadir 600 biker di Kota Solo. Pada kesempatan ultah kali ini MedDocs & Friends Indonesia akan menyelenggarakan charity bagi penyandang disabilitas dan penderita kanker pada jamuan makan siang bersama Walikota Solo di Loji Gandrung. Acara ini akan digelar pada tanggal 14-15 Februari 2020.

Misi Kemanusiaan ala Penunggang Moge Berjas Putih


Simak Video "Komunitas Para Pecinta Mobil, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com