Minggu, 03 Nov 2019 16:50 WIB

Bukan Motor Harian, Pemoge Butuh Bekal Ini Sebelum Touring

Rizki Pratama - detikOto
Pemoge dilatih safety riding Foto: Dok. Eki Razaki/HOG Anak Elang Jakarta Chapter Pemoge dilatih safety riding Foto: Dok. Eki Razaki/HOG Anak Elang Jakarta Chapter
Jakarta - Motor besar atau kerap disapa moge bukan tunggangan yang dipakai untuk mobilitas sehari-hari. Biasanya hanya keluar kandang saat hendak Sunday Morning Riding (Sunmori) hingga touring melintasi aspal bersama kawan-kawan.

Seperti yang bakal dilakukan Harley Owner Group, ratusan pemilik moge Harley-Davidson bakal menggelar touring menempuh ratusan kilometer menuju Pulau Bali.


Berbeda dengan motor harian yang memang sudah cukup sering dipakai, Moge sendiri butuh persiapan ketika tiba waktunya ia keluar dari kandang untuk perjalanan jauh. Moge Harley-Davidson sendiri memiliki kemudahan dalam pemeriksaan kendaraan di dilernya.

"Jadi kita sebelum melakukan touring ada free check kendaraan di diler Anak Elang," kata Director of HOG Anak Elang Jakarta Chapter, Suherly dalam konferensi persnya di diler Anak Elang Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (2/11/2019).

Tidak hanya sebelum perjalanan, bekal selama perjalanan pun di persiapkan di antaranya mekanik dan suku cadang. "Kemudian nanti turing juga dikawal mekanik di diler siapa tau di perjalanan ada trouble serta sparepart yang dibutuhkan," timpal Suherly.


Selain persiapan motor, tentu pengendaranya juga dipersiapkan. Beberapa di antara pemilik moge ada yang tidak biasa menggunakan roda dua sebagai mobilitas sehari-hari, pembekalan seperti safety riding sebelum touring menjadi santapan wajibnya.

"Rider-nya sebelum touring dan (pembekalan safety riding-red) menjadi rutin HOG anak elang, ada safety riding jadi semua member HOG Anak Elang wajib safety riding," ungkap Suherly.

HOG Anak Elang sendiri rutin mengadakan pelatihan keselamatan berkendara paling tidak satu tahun sekali. Tentunya hal ini penting agar kemampuan menunggangi moge dapat dipertahankan kelancarannya. "Secara berkala minimal satu tahun sekali kita adakan safety riding," tutup Suherly.

Simak Video "Selain Harley, Ferrari di Lambung Garuda Minta Diusut"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com