Jumat, 28 Jun 2019 12:32 WIB

Wuih! Ada Geng Motor Pengantar ASI

Ridwan Arifin - detikOto
Geng motor pengantar ASI. Foto: JUSTIN CHAUNCEY PHOTOGRAPHY Geng motor pengantar ASI. Foto: JUSTIN CHAUNCEY PHOTOGRAPHY
New York - Stigma terhadap gerombolan motor gede (moge) tak bisa dipungkiri masih tersemat di pandangan masyarakat. Namun tidak semuanya benar, seperti yang dilakukan oleh geng motor gede The Sirens.

Komunitas motor yang beranggotakan perempuan ini memiliki misi untuk mengantarkan ASI eksklusif kepada para ibu-ibu yang tidak bisa memberikan susu kepada bayi-nya.


Seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (28/06/2019) klub motor yang didirikan pada tahun 1986 ini berasal dari New York, Amerika Serikat, klub motor yang tergolong tua namun saat ini hanya memiliki anggota sekitar 50 orang.

Program ini bekerjasama dengan organisasi nirlaba New York Milk Bank (NYMB) yang mengumpulkan donasi ASI dari wilayah setempat. Mereka kemudian memilih The Sirens untuk mengantarkan donasi ASI tersebut untuk yang membutuhkan.

"Jadi, saya mencarinya di Google untuk menemukan klub motor wanita dan menemukan The Sirens Women's Motorcycle Club of New York City," kata Direktur Eksekutif NYMB, Julie Bouchet-Horwitz seperti dikutip dari Huffington Post.

Ia kemudian menceritakan alasan dibalik pemilihan geng motor perempuan daripada pria. "Saya tidak mencari klub motor pria - saya langsung memikirkan wanita karena hubungan wanita di antara kita semua," katanya.

"Ini semua tentang wanita membantu wanita membantu bayi." jelas Julie.


Program ini juga mendapat respon positif dari geng motor The Sirens. President The Sirens, Jen Baquial mengatakan ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan agar kualitas ASI tetap terjaga.

NYMB akan menyimpan ASI di dalam wadah yang dingin. Kemudian, saat ada pemesanan, NYMB mengirimkan pesan kepada relawan melalui WhatsAppp Messenger. Nantinya, ASI itu akan dikirimkan ke rumah yang membutuhkan ASI. Atau pengantaran dilakukan dari bank susu ke rumah sakit.

Ketua geng ini mengatakan susu dikemas dalam botol oleh NYMB, lalu diletakkan di kantong khusus di sepeda motor. Jika relawan yang tidak berada di daerah sekitar, ASI akan dikirimkan oleh pegawai NYMB atau FedEx Express.

"Setelah berbicara dengan Julie dan belajar tentang pekerjaan luar biasa yang NYMB telah lakukan untuk memberikan ASI yang menyelamatkan jiwa kepada bayi yang membutuhkannya, saya segera bersemangat dan ingin memberi tahu klub tentang hal itu," kenang Baquial.


"Kami adalah sekelompok kecil perempuan, tetapi kita semua tahu bahwa setiap hal kecil itu penting," tambahnya.

"Mengendarai sepeda motor bersama-sama memberi kami kegembiraan luar biasa, tetapi melakukan pelayanan di komunitas bersama memberi kami tujuan," kata Baquial.

Simak Video "Bunda, ASI Eksklusif Bisa Lindungi Anak dari Kanker Darah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed