Minggu, 21 Apr 2019 07:10 WIB

Ratusan Bikers Bakal Sesaki Sentul dalam CBR Race Day 2019!

Dina Rayanti - detikOto
Indonesia CBR Race Day 2019. Foto: Dok. AHM Indonesia CBR Race Day 2019. Foto: Dok. AHM
Bogor - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan main dealer dan Asosiasi Honda CBR (AHC) kembali menggelar Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2019 seri pertama di Sirkuit International Sentul, Jawa Barat.

Melalui tema bertajuk "Excite Riding Experience with Honda Motor Sport", ICE Day 2019 akan diselenggarakan sebanyak 3 kali yakni pada bulan April, September dan Desember.

Seri pertama yang berlangsung pada 20 - 21 April 2019 diikuti sebanyak 200 starter yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Ajang balap komunitas ini menyediakan total hadiah sebesar Rp. 60.000.000. Para Bikers Honda ini dapat menguji performa tinggi Honda CBR250RR dan Honda CBR150R di lintasan sirkuit sebanyak 6 putaran penuh.


General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM A. Indraputra mengatakan AHM ingin memberikan ruang ekspresi bagi para pencinta kecepatan yang ingin memacu motor kesayangannya di lintasan balap bertaraf international. Seiring dengan minat para bikers yang kian positif menyambut Indonesia CBR Race Day, di tahun ini AHM menambah kelas bagi para bikers untuk merasakan sensasi performa tinggi Honda CBR series.

"Dengan semangat Satu Hati, AHM terus berupaya untuk hadir di setiap kesenangan serta gaya hidup para pecinta motor Honda melalui beragam kegiatan. Gelaran ini merupakan wadah bagi para pencinta CBR series yang ingin merasakan langsung performa tinggi motor dengan konsep Total Control di lintasan balap," ujar Indraputra.

Kemarin (20/4), para peserta telah mendapat kesempatan melakukan sesi Free Practice untuk mengenal lintasan. Selanjutnya, para bikers memasuki sesi Kualifikasi berdasarkan kategori dan kelas yang diikuti untuk menentukan posisi start.

Acara pun berlangsung cukup kondusif, hal ini ditandai dengan peserta cukup kooperatif dalam hal disiplin waktu dari mulai sesi pertama hari ini yaitu registrasi ulang kemudian sesi selanjutnya yaitu Secrutineering semuanya berjalan tepat waktu dan sesuai dengan rundown yang sudah ditentukan, sehingga untuk sesi ketiga semua peserta dapat mengikuti briefing peserta dengan lancar.

Briefing peserta ini dilakukan sebelum peserta turun ke sirkuit dengan konten yang disampaikan berupa regulasi balap dan hal-hal teknis yang mendukung kelancaran peserta untuk sesi free practice dan qualifying test (QTT). Namun ada satu kelas yang terpaksa di hapus (250 Non-Community A) karena tidak ada peserta yang sesuai dengan peraturan yang telah dibuat untuk kelas ini.

Kemudian untuk sesi free practice juga seluruh peserta juga taat dalam hal kedisiplinan waktu. Free practice ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta lebih mengenal karakteristik sirkuit sentul dan juga karakterisik motornya sehingga pada saat qualifying test peserta akan mendapatkan hasil yang maksimal dan mendapatkan starting grid terdepan pada saat sesi balap.


Setelah sesi free practice peserta memasuki sesi qualifying test, dimana pada sesi ini peserta sudah mulai berkompetisi untuk memperebutkan garis start terdepan pada saat balap di hari Minggu 21 April. Dalam sesi ini seluruh peserta tidak ada yang jatuh atau mengalami crash sehingga hal ini juga membantu kelancaran jalannya acara hari ini walaupun seluruh jajaran racing committee, marshall, petugas medis, dan panitia race lainnya susah siap bertugas di masing-masing pos yang sudah ditentukan.

Sedangkan hari ini, Minggu (21/4), sebelum beradu kecepatan para peserta akan mendapatkan arahan terkait teknik balap dari pebalap Wawan Hermawan melalui sesi Coaching Clinic. Pada sesi ini para bikes mendapatkan edukasi berbagai macam pengetahuan tenik balap seperti speeding, cornering dan breaking.

Untuk memberikan kesempatan luas bagi para bikers merasakan sensasi kecepatan di sirkuit balap, ICE Day 2019 membuka 11 kelas yang diperlombakan. ICE Day 2019 dibagi menjadi 2 kategori yakni kategori komunitas dan non komunitas.

Masing-masing kategori tersebut dibagi menjadi 2 kelas yakni kelas 250cc serta kelas 150cc yang memiliki 3 level klasifikasi motor yakni level A, level B dan level C. Pembagian level tersebut ditentukan berdasarkan klasifikasi motor yang dapat dilihat melalui website www.indonesiacbrraceday.com.

Pada gelaran ICE Day 2019 juga dibuka kelas untuk modifikasi CBR Series. Kelas ini diikuti 20 peserta dari komunitas CBR yang berasal dari wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat. 5 karya modifikasi terkait pilihan dewan juri akan diunggah ke dalam media sosial Honda Community dan akan dipilih 3 terbaik berdasarkan jumlah "like" terbanyak pilihan masyarakat.

ICE Day 2019 turut dimeriahkan beragam aktivitas seru, seperti Safety Riding Challenge yang akan memilih 3 peserta terbaik berdasarkan penilaian juri, serta beragam games seru untuk para pecinta Honda CBR.

Simak keseruannya dalam live report detikOto!


Tonton juga video Dua Pembalap Kosta Rika Adu Jotos saat Balapan :

[Gambas:Video 20detik]


Ratusan Bikers Bakal Sesaki Sentul dalam CBR Race Day 2019!
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com