Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019

Sabtu, 20 Apr 2019 16:52 WIB Ridwan Arifin, Roby Setiawan - detikOto

Ratusan pengendara CBR dari berbagai daerah di Tanah Air bakalan mengikuti gelaran seri pertama Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2019 di Sirkuit Sentul. Mereka yang hobi adu kecepatan akan menggeber motor Honda CBR di lintasan sirkuit sebanyak 6 lap. Bikers dibagi dalam dua kategori mesin yaitu 250 cc dan 150 cc. Total ada 12 kelas yang terdiri dari Honda CBR250RR Community A, B dan C, Honda CBR250RR non Community A, B dan C, kemudian Honda CBR150R Community A, B, dan C, serta Honda CBR150R Non Community A, B dan C. Ajang balap komunitas ini menyediakan total hadiah sejumlah puluhan juta rupiah. Seperti apa keseruan suasana balapan motor Honda CBR? Simak terus live report dari tim detikOto mulai Minggu (21/4/2019) pagi.

  • 19:35

  • 19:25

    Kata Pebalap Usai Honda CBR Race Day 2019 Seri Perdana Usai

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Para pemenang Indonesia CBR Race Day seri perdana. Foto: Roby Setiawan

    Sandy Topan pembalap Cornering Racing Team yang berhasil menyabet podium satu di kelas 250cc Komunitas A mengaku persaingan di kejuaraan ini sangat ketat.

    "Begitu start agak ketinggalan karena ada masalah di kopling, motor loncat-loncat dari tikungan kedua bisa merangsak dengan rombongan depan, motivasi ingin jadi juara tapi tetap safety diutamakan," ujar Sandy.

    "Motor enak banget, asli motor saya masih standar cuma mengganti ECU saja," ujar Sandy Topan.

    Pun demikian dengan juara 1 250 cc Komunitas B, Frendi Poedji Saputro ia mengaku ajang balap ICE Day 2019 seri pertama sangat menyenangkan. "Alhamdulillah kepada Allah. Terutama dari tim yang sudah support saya. Terima kasih juga dukungan para sponsor. Balapannya seru," ujar Frendi.

    Jawara kelas 150cc Komunitas B, Reza Renaldi dari Tim CHEVOIL TUDWI SPEEDPARK NEZUMI NETDATA Kav merasa antusias dengan kemenangan perdananya di ICE Day 2018. "Alhamdulillah sebelumnya sudah pengalaman di Sentul juga. Paling kendalanya banyak di motor saja sih. Motornya paling masih cari settingan yang pas. Kan dua kelas, komunitas dan nonkomunitas. Tantangan pasti ada, hanya ya berusaha saja," jelas Reza kepada detikcom.

    "Paling di sektor ecu dan gir saja, soalnya cuaca kan gak pasti, sekarang sekarang cuaca jam segini dan nanti sore kan beda, biasanya kan suhu dan udara ngaruh juga. Jadi kami setting lagi," jelas Reza.

    Sementara juara 1, kategori 150 Komunitas C, Fauzan mengaku tidak biaa menyangka bisa menjadi juara pertama. "Kaget banget bisa juara. Perlu latihan, kerja sama tim yang kompak, bengkel yang benar. Kami malem juga sampai bongkar-bongkar lagi, kampas koplingnya diganti-ganti lagi," ujar Fauzan.

  • 18:17

    Ini Dia Daftar Lengkap Pemenang CBR Race Day 2019 seri Pertama

    Berikut nama pemenang ICE Day 2019 seri pertama di Sirkuit Internasional Sentul:

    150 CC Komunitas A

    1. Selbi Febriana
    2. Akang Dhany
    3. Sinyo

    150 CC Komunitas B

    1. Reza Renaldi
    2. Rifai Setiawan
    3. Arianto Nugroho

    150 CC Komunitas C
    1. Fauzan
    2. Gani
    3. Anggit Sopyan

    250 CC Komunitas A

    1. Sandy Topan
    2. David Angjaya
    3. Fauzy Rachman Nugraha

    250 CC Komunitas B

    1. Frendy Poedji Saputro
    2. Firkon Djoenadi
    3. Dipta Pradyatna

    250 CC Komunitas C

    1. Yusuf Ibrahim
    2. Iqbal Fajar Sidiq

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 16:35

    Den Dimas, Indonesia CBR Race Day 2019 Harus Rutin Diadakan

    Indonesia CBR Race Day seri pertama di tahun 2019 sukses terselenggara di Sirkuit Internasional Sentul. Salah satu tim "Bubur Ayam Racer" vlogger motor Den Dimas ikut dalam sebuah event akbar Honda tersebut. Den Dimas mengatakan hal-hal seperti ini perlu dilestarikan.

    "Harus diadakan terus ya, ini kan tempat yang safe untuk dipakai kebut-kebutan. Daripada mereka kebut-kebutan di jalan mendinganndi sini sedia tempat. Karena semua jenis motor (CBR) bisa masuk kan? motor gue aja yang standar bisa ikutan," ujar Den Dimas di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (21/04/2019).

    Lebih lanjut, ICE Day 2019 seri pertama juga melahirkan jawara baru dalam modifikasi. Den Dimas juga mengatakan bahwa dalam hal memodifikasi CBR 250 RR cukup mudah.

    "Tergantung yang modifikasi, tapi CBR pada dasarnya udah ganteng. Gua lebih suka CBR dibikin terang jadi lekukan-lekukan body nya lebih kelihatan," ujar Den Dimas.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Rifkianto Nugroho
  • 16:02

    Omesh Ikutan Parade Bikers Honda di Sentul

    Ananda Omesh diberi kesempatan untuk mengikuti serangkaian Indonesia CBR Race Day 2019 seri pertama di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (21/04/2019). Omesh menunggangi CBR 250 RR melahap sebanyak 3 laps bersama ratusan riders daro berbagai tipe motor Honda lainnya dalam tajuk Bikers Parade.

    "Jadi tadi ada bikers parade, Komunitas Honda dari berbagai model motor apapun. Saya yakin mereka semua mau nyobain sirkuit Sentul itu kan spirit nya," ungkap Omesh.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Ridwan Arifin
  • 16:01

    Kata Omesh Usai Jajal Honda CBR250RR di Sentul

    "Luar Biasa nyaman, posisi riding enak banget CBR 250 Cc, yamg paling saya suka handling, karena Sentul ini banyak tikungan dan rebahan-rebahan," ujar suami dari Dian Ayu Lestari ini.

    "Saya pribadi senang banget dengan CBR 250 Cc ini, motor itu seperti cari jodoh harus pas gitu cara positioningnya, menurut gua pas banget gitu. Postur gua 180 cm tapi pas, udah gitu handlingnya juga enak," ungkap Omesh.


    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Rifkianto Nugroho
  • 15:57

    Bukan Hanya Sandy Topan, Kuswanto Pun Podium 2 Kali

    Balapan sesi terakhir ICE Day 2019 menjadi balapan yang menegangkan dengan hasil yang menarik. Muncul lagi Kuswanto yang sebelumnya sudah podium di kelas 250 cc Komunitas C.


    Berikut ini daftar juara balapan kelas 250 cc Non Komunitas C.
    1. Kuswanto
    2. Rivki Gunawan
    3. I Komang Agus Rupawan

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 15:45

    Ini Tiga Motor CBR Tertampan

    Setelah menggelar voting lewat media sosial, AHM akhirnya mengumumkan tiga motor Honda CBR 250 RR yang dianggap paling baik.
    Motor pertama, milik peserta nomor urut 07, warna dominasi abu dan oranye, dengan pengerjaan modifikasi 6 bulan. Motor selanjutnya, milik peserta nomor urut 02, warna dominan putih, dengan aksen biru dan merah, pengerjaan modifikasi 7 hari. Kemudian motor ketiga, milik peserta nomor urut 04, warna dominan merah, hitam, dan putih, waktu modifikasi 1 tahun.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 15:43

    ICE Day 2019 Ditutup dengan Foto Bersama

    Para peserta ICE Day 2019 berfoto bersama di tengah-tengah lintasan balap Sirkuit Sentul. Tampak beberapa pemenang balapan, seperti Sandy Topan dan pemenang lainnya juga ikut foto bersama. Foto bersama ini sekaligus menjadi penutup kegiatan ICE Day 2019.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 15:32

    Kelas 250 cc Non Komunitas C Jadi Balapan Penutup ICE Day 2019

    ICE Day 2019 hampir selesai. Balapan sesi terakhir digelar, yaitu kelas 250 cc Non Komunitas C. Hingga lap ke-4 Kuswanto dan Rivki Gunawan saling susul berebut untuk menjadi yang tercepat di balapan terakhir hari ini.


    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 15:15

    Sandy Topan Dua Kali Jadi yang Tercepat di Indonesia CBR Race Day 2019 Seri Perdana

    Balapan kelas 250 cc Non Komunitas B usai digelar. Sandy Topan lagi-lagi menjadi nomor satu alias yang tercepat. Dengan ini artinya hari ini Sandy Topan menjadi yang tercepat dua kali di sirkuit dan momen yang sama.

    Berikut daftar juara kelas 250 cc Non Komunitas B.

    1. Sandy Topan
    2. Hendra Gunawan
    3. Dipta Pradnyana

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 15:09

    Bocah 11 Tahun Juara Geber Motor Honda CBR 150cc

    Tak disangka-sangka, meski tubuhnya mungil tak menghalangi bocah 11 tahun bisa menjadi jawaraHondaCBRRaceDay kelas 150cc non komunitas C. Berikut daftar lengkap pemenangnya.

    Juara-juara balap kelas 150 cc Non Komunitas C

    1. Decksa Almer Alfarezel
    2. Andi Mustana
    3. Andre Jes

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan

  • 14:49

    Sambil Lihat Balapan, Bisa Juga Servis Gratis di ICE Day 2019

    Selain mengadakan berbagai balapan yang melibatkan banyak komunitas, lalu ada lomba modifikasi, ICE Day 2019 juga memberikan layanan service gratis dengan membuka booth bengkel di sekitar Sirkuit Sentul.

    SA Bengkel, Dani mengatakan booth bengkel tidak hanya melayani peserta ICE Day 2019, namun juga melayani service gratis bagi semua motor Honda yang datang.

    "Kalau untuk yang di-service tergantung masalah sih. Kita lakukan pengecekan dulu. Kalau memang ada masalah yang serius, gak bisa kami kerjakan di sini, kami bawa ke bengkel," kata Dani.

    Dani mengatakan booth bengkel ini akan ada sampai pukul 17.00 WIB. Pada dasarnya service ringan seperti ganti oli atau ganti rem adalah permasalahan yang bisa dikerjakan di bengkel ini.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 14:43

    Balapan Kelas 150 Non Komunitas B Dimulai!

    Keseruan ICE Day 2019 masih berlanjut. Kini giliran para pebalap kelas 150 cc Non Komunitas B menggeber motornya di Sirkuit Sentul untuk memperebutkan posisi tercepat.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 14:15

    Anak Motor Buktikan Kekompakan Lewat Game Kelompok

    Sambil menunggu sesi balapan motor yang masih berlangsung, para komunitas mengikuti lomba yang diadakan PT Astra Honda Motor bersama jaringan main dealer dan Asosiasi Honda CBR (AHC). Beberapa lomba menguji kekompakan komunitas, misalnya lomba labirin ini.

    Satu permainan labirin dimainkan oleh lima orang, yang mana empat di antaranya menarik-ulur tali di setiap sudut, satu lagi mengarahkan teman-temannya, agar bola dalam labirin bisa keluar.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 14:05

    Omesh Duduk di Atas CBR250RR Siap Keliling Sirkuit Internasional Sentul

    Artis sekaligus presenter olahraga Ananda Omesh diberi kesempatan mengikuti bikers parade, dalam gelaran Indonesia CBR Race Day (ICE) Seri 1 di Sirkuit Internasional Sentul Bogor (21/04/2019). Dengan mengenakan kostum berwarna hitam yang senada dengan warna hitam.

    "Seru banget gue mau jajal pertama kalinya, menjajal sirkuit sentul," ujar Omesh sebelum memutar tuas gas.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Rifkianto Nugroho
  • 14:01

    Sengit! Balapan Berikutnya Kelas 150 Nonkomunitas A

    Tak kalah seru dengan kelas 250 cc komunitas, balapan kelas 150 cc nonkomunitas pun turut menarik perhatian. Para peserta tampak menggeber motornya di bawah terik matahari. M. Iqbal dan Selbi tampak bergantian saling susul memperebutkan posisi pertama.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan

    Balapan kelas 150 cc Non Komunitas A selesai. Berikut daftar tiga tercepat.

    Pertama M. Iqbal
    Kedua Selbi Febriana
    Ketiga Akang Dhany

  • 12:52

    Daftar Pemenang Balapan Honda CBR Kelas 250cc Komunitas C

    Balapan Honda CBR Kelas 250cc Komunitas C telah usai. Ini daftar pemenangnya.

    1. Kuswanto
    2. M. Rangga
    3. Yusuf Ibrahim

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 12:28

    Asyik, Lebih dari 100 Bikers Honda Jajal Rasanya Riding di Sentul

    Lebih dari 100 bikers coba menjajal rasanya mengaspal di Sirkuit Sentul lewat Bikers Parade. Beragam motor Honda yang digunakan, mulai dari CBR, Verza, hingga Beat tampak turut meramaikan Bikers Parade ini.
    Bukan balapan, mereka melakukan parade untuk meramaikan ICE Day 2019. Mereka dipimpin Ananda Omesh mengitari Sirkuit Sentul.


    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Ridwan Arifin
  • 12:13

    Datang Jauh dari Bali, di Sentul Jadi yang Tercepat

    Dua pebalap asal Bali berhasil masuk menjadi tiga tercepat di balapan kelas 250 cc Komunitas B. Kedua pebalap yaitu Frendi Poedji Saputro dan Dipta Pradnyana. Berikut ini nama ketiga juaranya.

    Pertama Frendi Poedji Saputro
    Kedua Firkon Djoenadi
    Ketiga Dipta Pradnyana

    "Alhamdulillah kepada Allah. Terutama dari tim yang sudah support saya. Terima kasih juga dukungan para sponsor. Balapannya seru," ujar Frendi.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 11:43

    Omesh Duduk di Atas CBR 250 RR Siap Keliling Sirkuit Internasional Sentul

    Artis sekaligus presenter olahraga Ananda Omesh diberi kesempatan mengikuti bikers parade, dalam gelaran Indonesia CBR Race Day (ICE) Seri 1 di Sirkuit Internasional Sentul Bogor (21/04/2019). Dengan mengenakan kostum berwarna hitam yang senada dengan warna hitam.

    "Seru banget gue mau jajal pertama kalinya, menjajal sirkuit sentul," ujar Omesh sebelum memutar tuas gas.


    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Ridwan Arifin
  • 11:26

    Sesi Balap Berlanjut, Giliran Kelas 250 cc Komunitas B Geber Sirkuit Sentul

    Menjelang tengah hari Sirkuit Sentul bergemuruh dengan suara knalpot motor para pebalap ICE Day 2019, kelas 250 cc Komunitas B. Terik matahari tak membuat laju motor melamban, justru semakin membakar semangat para pebalap di atas aspal. Apalagi balap sesi sebelumnya juga sudah melahirkan juara-juara tercepat.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 11:14

    Balap Kelas 250 cc Dimulai

    Setelah tiga sesi balap sebelumnya selesai digelar untuk tiga komunitas, yaitu A, B, dan C, kini balap berlanjut ke sesi berikutnya dengan kelas motor yang lebih besar, yaitu 250 cc yang dimulai dengan 250 cc Komunitas A.

    Dengan cc yang lebih besar, balapan pun semakin menarik. Para penonton tak ingin melewatkan momen penting dengan merapat ke bagian sisi dari sirkuit dan mengabadikan momen ketika para pebalap melintas cepat.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Rifkianto Nugroho
  • 11:02

    Balapan Kelas 150cc Komunitas C Usai, Ini Jawaranya

    Tak diduga-duga, Fauzan yang menempati posisi ketiga pada sesi latihan sebelumnya, kini menempati posisi pertama untuk Kelas 150 cc Komunitas C. Berikut ini ketiga pebalap tercepat untuk kelas 150 Komunitas C. Juara Pertama Fauzan, tempat kedua Gani, dan ketiga Anggit Sopyan.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan

  • 10:53

    Semakin Panas, Balap Sesi Ketiga Kelas 150 cc Komunitas C Dimulai

    Sesi balap kedua telah selesai dengan juara pertama Reza Renaldi. Kini balapan berlanjut ke sesi ketiga, yaitu kelas 150 cc Komunitas C.
    Walaupun di Sentul hari semakin siang dan terik, peserta Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2019 tetap semangat dan memacu motornya lebih cepat lagi untuk menjadi yang terbaik.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 10:52

    Omesh Ikutan Panas-panasan di Indonesia CBR Race Day 2019

    Ananda Omesh dikenal sebagai Bike Enthusiast, pada gelaran seri pertama Indonesia CBR Race Day 2019 ia datang mengenakan baju ala mekanik bengkel. Omesh sempat berbincang dengan influencer otomotif lainnya seperti Abdul Satar dan Den Dimas, pun pria yang gemar memiliki hobi mengkoleksi moge ini sempat menunggangi CNR 250 yang ikut turun di Sirkuit.

    Omesh di Indonesia CBR Race Day 2019. Omesh di Indonesia CBR Race Day 2019. Foto: Ridwan Arifin
  • 10:47

    Jawara Kelas 150cc Komunitas B

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 10:12

    Semakin Seru, Balapan Berlanjut ke 150 cc Komunitas B

    Setelah balapan sesi pertama selesai dengan Selbi sebagai yang tercepat, balapan berlanjut ke sesu kedua untuk kelas 150 cc Komunitas B.
    Tak kalah seru, peserta balapan sesi kedua ini menggeber motornya dengan maksimal untuk berlomba menjadi yang tercepat.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 09:54

    Balapan CBR Race Day 2019 Dimulai

    Gelaran balap Indonesia CBR Race Day 2019 dimulai, saat ini tengah berlangsung dari kelas 150 Cc komunitas A. Mereka berusaha mendapatkan torehan waktu dan tempat terbaik untuk menjadi jawara.
    Para tim yang bakal berlaga di kelas komunitas selanjutnya juga terlihat sibuk mempersiapkan motor di ruang paddock.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Ridwan Arifin
  • 09:47

    Persiapan Tim Jelang Balapan

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Ridwan Arifin
  • 09:30

    Pesan dari Wawan Hermawan untuk Riders di CBR Race Day 2019

    "Pesan saya sebagai rider untuk teman-teman di sini tetap gunakan safety. Ketika balap pun perlu emosi. Yang penting itu kita bisa kontrol emosinya," kata Wawan di Sentul jelang balapan dimulai.

  • 09:23

    Peserta Mendapat Coaching Clinic Jelang Balapan dari Wawan Hermawan

    Usai melakukan registrasi, para peserta Indonesia CBR Race Day (ICE) lanjut ke tahap selanjutnya untuk mendengar arahan dan aturan baru dari seri pertama di tahun 2019 ini. Para riders akan melahap 8 laps, di mana 2 laps untuk warming up, dan 6 laps selanjutnya bakal bertarung secara penuh di Sirkuit Internasional Sentul.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan

    Kemudian dilanjutkan dengan coaching clinic dari Wawan Hermawan.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan

  • 09:01

    Motor Marquez Versi Jalanan Ikut Ramaikan CBR Race Day 2019

    Motor Marc Marquez versi jalanan turut meramaikan ajang Indonesia CBR Race Day 2019, begini wujudnya.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Ridwan Arifin
  • 08:56

    Peserta ICE Day 2019 Mulai Melakukan Registrasi

    Para peserta yang terdiri dari komunitas maupun nonkomunitas mulai berkumpul dan melakukan registrasi di paddock 44, 45, dan 46 Sirkuit Sentul. Sebelum acara dimulai peserta harus memasukkan data berupa nama, asal komunitas, dan nomor telepon.
    Setelah melakukan registrasi peserta pun masuk ke paddock 46 untuk dilanjutkan dengan pembukaan acara Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2019.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan
  • 08:39

    Beragam Aktifitas Peserta Sebelum Acara Dimulai

    Menjelang acara dimulai, komunitas yang hadir mulai sibuk menyiapkan motornya. Ada yang terlihat mengecek mesin motor yang hendak dibalapkan, ada yang mencoba menggeber motornya di tempat/lapangan uji coba yang ada di sebelah sirkuit.

    Selain itu karena acara hari ini juga diisi dengan ajang modifikasi, beberapa peserta tampak menyiapkan motor modifikasinya dengan mengelapnya atau menempelkan stiker.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Roby Setiawan

    Beberapa dari peserta juga tampak berfoto bersama motor ataupun komunitasnya. Ada pula yang tertarik melihat lebih dekat motor pebalap Marc Marquez versi jalan raya, yaitu Honda RC213V-S.

  • 07:06

    Persiapan Jelang Indonesia CBR Race Day

    Para bikers tengah bersiap-siap jelang balapan Indonesia CBR Race Day 2019 seri perdana dimulai. Tampak di Sirkuit Sentul para bikers mulai berdatangan.

    Live Report: Indonesia CBR Race Day 2019Foto: Dina Rayanti